Jumaat, 8 April 2011

Edisi Dunia

Edisi Dunia


Sindikasi lifestyle.okezone.com

Posted: 08 Apr 2011 11:08 AM PDT

Sindikasi lifestyle.okezone.com


Lagi, Karl Lagerfeld Desain Botol Coca Cola

Posted: 08 Apr 2011 04:11 AM PDT

[unable to retrieve full-text content]Karl Lagerfeld tahu betul bagaimana memuaskan "dahaga" para fashionista. Terbukti, desainer berambut putih itu mampu mengubah botol Coca Cola menjadi lebih fashionable.

11 Desainer Top Ramaikan Ajang Bazaar Bridal Week

Posted: 08 Apr 2011 02:55 AM PDT

[unable to retrieve full-text content]Bingung mencari referensi pernikahan Anda yang bakal segera dihelat? Mengunjungi pameran pernikahan di akhir pekan ini mungkin bisa menjadi referensi.

ANTARA - Peristiwa

Posted: 08 Apr 2011 07:33 AM PDT

ANTARA - Peristiwa


Karya Jurnalistik Antara untuk Kesejukan

Posted: 08 Apr 2011 07:12 AM PDT

Jakarta (ANTARA News) - Karya-karya jurnalistik para pewarta Antara, khususnya yang terangkum dalam buku 'Kisah-kisah Inspiratif Anak Bangsa, Kumpulan Tulisan LKBN ANTARA 2000-2010' diharapkan bisa memberikan pencerahan dan kesejukan di tengah situasi bangsa yang sedang buram.

Harapan itu diungkapkan oleh Maria D Andriana, penyunting buku yang diterbitkan oleh Antara Publishing tersebut dalam acara diskusi bedah buku di Wisma Antara di Jakarta, Jumat.

"Kami bangga bisa menyumbangkan tulisan yang memotivasi pembaca di tengah situasi bangsa sekarang yang diwarnai oleh berita-berita kriminal dan korupsi," kata Maria yang juga merupakan seorang wartawan senior Antara.

Buku itu memang berisi 50 'feature' terpilih karya wartawan Antara selama 10 tahun terakhir dan berkisah tentang kisah-kisah sederhana di tengah masyarakat yang bisa menggugah asa dan semangat para pembaca.

"Kami berharap karya ini bisa mencerahkan dan menyejukkan kehidupan bangsa dan negara," ia menambahkan.

Sementara Direktur Umum LKBN Antara, Ahmad Mukhlis Yusuf, dalam sambutannya mengakui bahwa karya-karya sederhana seperti itu merupakan kisah-kisah yang bisa menjadi umur sejarah, yang tak lekang oleh waktu.

"Karya-karya jurnalistik yang disajikan dalam buku ini merupakan kisah yang bisa menjadi umur sejarah," ia menegaskan.

Ia pun berharap agar di masa depan Antara bisa menyajikan lebih banyak lagi karya serupa yang bisa memberikan rasa optimistis bagi masyarakat Indonesia.

(Ber/S026)

Editor: Suryanto
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Tiba Lebih Awal, Sri Mulyani Tebar Senyum

Posted: 08 Apr 2011 06:54 AM PDT

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono berjabat tangan dengan mantan menteri keuangan yang kini menjabat Managing Director Bank Dunia, Sri Mulyani (kiri) dalam pertemuan di Jimbaran, Bali, Jumat (8/4). (ANTARA/Nyoman Budhiana)

Foto sama siapa? Nanti saya bahagia

Berita Terkait

Video

Jimbaran (ANTARA News) - Mantan menteri keuangan Sri Mulyani tiba 30 menit lebih awal untuk pertemuannya dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Bali Intercontinental Hotel, Jimbaran, Jumat malam, yang dijadwalkan pukul 21.00 WITA.

Sri Mulyani yang didampingi oleh sejumlah personel dari Bank Dunia itu tiba di hotel pukul 20.30 WITA ketika Presiden Yudhoyono beserta Menko Perekonomian Hatta Radjasa, Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu, Menteri Keuangan Agus Martowardoyo, serta Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik, masih mengadakan pertemuan dengan Presiden Asia Development Bank Harihuko Kuroda.

Sri Mulyani yang mengenakan gaun batik selutut bercorak hijau gelap langsung memberikan senyuman ketika disapa oleh belasan wartawan yang berbaris menantinya.

Di hadapan kamera televisi dan foto, tak henti-hentinya Sri Mulyani menebar senyum. "Wartawan Istana hebat sampai malam-malam begini seperti ada pesta. Ini yang bikin saya kangen," ujar Sri Mulyani kepada wartawan.

Namun ia tidak menghentikan langkahnya. Upaya wartawan untuk mewancarai lebih lama dan mengajak Sri Mulyani berfoto bersama mereka pun tidak berhasil.

"Foto sama siapa? Nanti saya bahagia," ujarnya sambil memasuki ruang tunggu.

Pertemuan Sri Mulyani dan Presiden Yudhoyono di Bali Intercontinental Hotel adalah yang pertama kali sejak mantan menteri keuangan Kabinet Indonesia Bersatu I itu bergabung dengan Bank Dunia sebagai managing director dan berkantor di Washington DC, Amerika Serikat.

Sri Mulyani hadir di Bali sebagai undangan pada pertemuan ke-15 menteri keuangan ASEAN yang dibuka oleh Presiden Yudhoyono pada Jumat pagi.

Pertemuan Sri Mulyani dan Presiden Yudhoyono di Bali Intercontinental Hotel pada jumat malam dihadiri juga oleh Menko Perekonomian Hatta Radjasa, Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu, Menteri Keuangan Agus Martowardoyo, Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi, serta Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik.

(D013/S026)

Editor: Suryanto
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Kosmo Online - Dunia

Posted: 08 Apr 2011 07:26 AM PDT

Kosmo Online - Dunia


NATO didakwa bunuh 10 pemberontak Libya

Posted:

NATO didakwa bunuh 10 pemberontak Libya

NATO didakwa bunuh 10 pemberontak Libya


BEBERAPA anggota pemberontak menaiki trak di luar bandar Brega di timur Libya semalam.


AJDABIYA - Serangan udara tentera Pertubuhan Perjanjian Atlantik Utara (NATO) di Libya didakwa menyebabkan lebih sepuluh pemberontak maut.

Seorang pegawai NATO menyatakan bahawa pesawat-pesawat perikatan itu membunuh lebih 10 anggota pemberontak yang menentang pemimpin Libya, Muammar Gaddafi.

Kejadian itu berlaku dalam satu serangan udara di antara bandar ini dan bandar minyak, Brega semasa para pemberontak menentang tentera Gaddafi.

"Kami sedang melakukan siasatan dan kami cuba untuk mendapatkan fakta," kata pegawai berkenaan kepada agensi berita Jerman, Dpa.

"Adalah sukar untuk kita mendapatkan fakta kerana kami tidak mempunyai tentera di darat," jelas pegawai berkenaan.

Pada Selasa lalu, NATO mengaku bahawa beberapa anggota pemberontak dan orang awam terbunuh dalam serangan pada hujung minggu.

Kejadian itu berlaku disebabkan tentera NATO tersilap membuat tanggapan dengan menganggap satu tembakan keraian sebagai satu serangan musuh.

Perikatan itu juga menolak dakwaan Gaddafi bahawa tentera NATO telah mengebom sebuah kilang penapis minyak.

"Dakwaan yang dibuat Gaddafi bahawa NATO bertanggungjawab dalam kebakaran di Telaga Minyak Sarir adalah palsu dan ia berlaku disebabkan oleh serangan tentera Gaddafi ke atas rakyatnya sendiri," kata Ketua Operasi NATO di Libya, Leftenan Jeneral Charles Bouchard.

NATO megambil alih kawalan daripada tentera Barat diketuai Amerika Syarikat (AS) bagi melaksanakan zon larangan terbang di Libya selepas dipersetujui pertubuhan Bangsa-Bangsa Bersatu.

Zon larangan terbang dikuatkuasakan bagi mengelak Gaddafi membunuh rakyatnya sendiri bagi menghalang kemaraan tentera pemberontak.

Kebangkitan rakyat di Libya berlaku sejak 15 Februari lalu di bandar Benghazi sebelum ia merebak ke bandar-bandar lain di negara ini.

Para pemberontak itu menuntut perubahan politik dilakukan dengan melibatkan pengunduran Gaddafi sebagai pemimpin selepas beliau memerintah selama empat dekad sejak 1969 melalui rampasan kuasa. - Agensi

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Jepun bimbang loji nuklear meletup lagi

Posted:

Jepun bimbang loji nuklear meletup lagi

Jepun bimbang loji nuklear meletup lagi


LOJI nuklear Fukushima Daiichi di bandar Okuma, timur laut Jepun.


TOKYO - Para pekerja di loji nuklear Fukushima Daiichi, Jepun mengepam gas nitrogen ke dalam reaktor yang rosak bagi mencegah letupan daripada berlaku manakala kerajaan Jepun menimbang untuk meluaskan zon pengasingan di sekitar loji berkenaan.

Ketika krisis kebocoran loji nuklear Fukushima Daiichi masuk minggu keempat semalam, pengendalinya, Syarikat Tenaga Elektrik Tokyo (TEPCO) menyatakan, pihaknya bimbang pengumpulan gas hidrogen di reaktor No.1 boleh menyebabkan satu lagi letupan berlaku di tapak loji tersebut.

Sebelum ini berlaku beberapa letupan di loji tersebut yang bermula sejak 12 Mac lalu.

Ketua Jurucakap Kerajaan Jepun, Yukio Edano menyatakan, Tokyo sedang menimbang untuk meluaskan zon perpindahan di sekitar loji itu daripada 20 kilometer yang dikuatkuasakan sekarang.

Langkah tersebut susulan kenyataan sebuah pertubuhan pemantau nuklear Pertubuhan Bangsa-Bangsa Bersatu (PBB) bahawa zon tersebut perlu diperluaskan.

"Setakat ini, standard keselamatan kami untuk penduduk tempatan adalah mereka akan diarah supaya berpindah jika tahap radiasi mencecah bacaan 50 milisievert atau lebih tinggi," katanya.

Mengulas mengenai usaha mengepam gas nitrogen ke dalam reaktor terbabit, Edano memberitahu bahawa proses itu berjalan dengan lancar.

Katanya, sebanyak 6,000 kubik meter nitrogen akan digunakan dengan proses itu yang dijangka mengambil masa enam hari.

TEPCO menyatakan, ia turut merancang mengepam nitrogen ke dalam reaktor No.2 dan No.3 sebagai langkah berjaga-jaga.

Loji nuklear Fukushima Daiichi mengalami kerosakan akibat gempa bumi sekuat 9 pada skala Richter dan tsunami yang melanda timur laut Jepun pada 11 Mac lalu yang turut mengorbankan lebih 12,500 orang dengan 15,000 lagi masih hilang setakat ini. - AFP

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

126 sekolah ditutup

Posted:

126 sekolah ditutup

126 sekolah ditutup


BEBERAPA pelajar memegang payung kerana bimbang terkena hujan yang mengandungi radioaktif di sebuah sekolah di Seoul semalam.


SEOUL - Sebanyak 126 buah sekolah di Korea Selatan ditutup kerana bimbang hujan di negara itu dicemari radiasi dari loji nuklear Fukusihima Daiichi di timur laut Jepun.

Pejabat Pendidikan Wilayah Gyeonggi semalam dalam satu kenyataan memberitahu, ia membenarkan pihak pengurusan sekolah membuat keputusan sama ada mahu meneruskan sesi persekolahan atau sebaliknya.

Bagaimanapun, Pejabat Perdana Menteri mengeluarkan kenyataan bahawa kadar radiasi dalam air hujan adalah rendah dan ia tidak mengancam kesihatan manusia.

Menurut beberapa pegawai, 126 buah sekolah di wilayah Gyeonggi telah ditutup manakala 43 lagi menyingkatkan waktu pembelajaran sebagai langkah berjaga-jaga.

Wilayah berkenaan terletak berdekatan Seoul.

Sementara itu, pakar-pakar keselamatan nuklear memberitahu, kebocoran radiasi dari loji Fukushima Daiichi ke dalam air dan udara, tidak mengancam kesihatan mereka yang tinggal di luar zon perpindahan sekitar 20 kilometer dari sekitar loji itu.

Loji nuklear Fukushima Daiichi itu rosak selepas gegaran kuat gempa bumi berukuran 9.0 pada skala Richter yang berlaku di timur laut Jepun pada 11 Mac lalu.

Para pekerja bertungkus-lumus menghalang radioaktif tersebar ke udara dan laut akibat kebocoran di beberapa reaktor nuklear di loji berkenaan.

Ekoran gempa bumi kuat itu, tsunami setinggi 10 meter melanda wilayah timur laut Jepun mengakibatkan lebih 27,500 orang terbunuh dan hilang. - Agensi

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

The Star Online: World Updates

Posted: 08 Apr 2011 07:12 AM PDT

The Star Online: World Updates


Iraqi forces clash with Iran exiles in camp

Posted: 08 Apr 2011 06:55 AM PDT

BAGHDAD (Reuters) - Iraqi security forces clashed with residents of an Iranian dissident camp north of Baghdad overnight, the Iraqi government said on Friday, and an Iranian opposition group said residents were attacked and killed.

The government spokesman said five members of the Iraqi security forces were wounded in the incident at Camp Ashraf. Representatives of the camp called the incident a "criminal attack" and said 25 residents were killed and 320 wounded.

An Iraqi medical source at nearby Baquba hospital said they had received the bodies of three Iranians, while 16 Iranians, five Iraqi soldiers and one Iraqi policemen were brought to the hospital with injuries. The source requested anonymity since he was not authorised to speak to the media.

The 25-year-old camp, home to some 3,500 people, is the base of the People's Mujahideen Organisation of Iran (PMOI), a guerrilla group that opposes Iran's Shi'ite cleric leaders.

Iran, Iraq and the United States consider the PMOI a terrorist organisation.

Iraqi government spokesman Ali al-Dabbagh said Ashraf residents threw rocks at security forces in what he called a "riot". Troops had not opened fire, he said, contrary to reports by camp residents.

"The security forces have pushed back residents of Camp Ashraf inside the camp by force," Dabbagh said. "The situation is now controlled."

"I do not have any information about any deaths or injuries among the residents of the camp," he said.

The National Council of Resistance of Iran, the PMOI's political wing, said Iraqi security forces had been ordered by Prime Minister Nuri al-Maliki to attack the camp, in restive Diyala province about 90 km (55 miles) northeast of Baghdad in a remote location largely inaccessible to journalists.

"Al-Maliki, under orders of (Iranian Supreme Leader Ayatollah Ali) Khamenei, has commenced an unprecedented murder in Ashraf," the group said in a statement. "Forces under his command used Colts, automatic weapons and machineguns installed on armoured vehicles to open fire on residents."

Ashraf has been a sore point for Washington, Baghdad and Tehran for years. The PMOI began as a group of Islamist leftists opposed to Iran's late Shah but fell out with the Shi'ite clerics who took power after the 1979 revolution.

U.S. Defence Secretary Robert Gates, who is visiting Iraq, said the U.S. military had reports of deaths in clashes at Ashraf but could not confirm them.

"We're very concerned with reports of deaths and injuries resulting from this morning's clashes... I urge the Iraqi government to show restraint and to live up to its commitments to treat residents of Ashraf according to Iraqi law and their international obligations."

Sunni dictator Saddam Hussein gave the PMOI shelter in Iraq and some of the group's guerrillas fought with him against Iran.

Iraq's current government, which includes former Saddam opponents, has a close relationship with Tehran.

The group surrendered weapons to U.S. forces after the 2003 invasion of Iraq. The fate of Ashraf's residents has been in question since Iraq took over the camp from U.S. forces in 2009 under a bilateral security pact.

Asked about any U.S. military role, Gates said nearby forces might render medical help "but that's about the extent of it".

Rights advocates said earlier this year in Geneva that the United Nations and the United States should take on protection of the camp to head off a tragedy which could lead to the deaths of residents.

(Additional reporting by Khalid al-Ansary in Baghdad and Missy Ryan in Mosul; editing by Paul Taylor)

Copyright © 2011 Reuters

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Life, of sorts, goes on in Ivory Coast's main city

Posted: 08 Apr 2011 06:55 AM PDT

ABIDJAN (Reuters) - A two-day lull in fighting and an easing of the curfew are bringing the cowed residents of Abidjan slowly back out onto the streets.

A woman waits to be served at a counter of a hospital pharmacy in Abidjan April 8, 2011. (REUTERS/ Thierry Gouegnon)

But few believe the shattered city that was once the economic jewel of West Africa will see normal life any time soon, even when a four-month power struggle between presidential claimant Alassane Ouattara and rival Laurent Gbagbo is resolved.

"Just give us food to eat and water to drink and wash with. The rest can come later," said labourer Guy-Rogier Bolou at a market in the northern Yopougon suburb.

Market may be too grand a term for the paltry offering on display Friday.

Tiny sachets of drinking water, barely more than a couple of gulps, are on sale alongside the omnipresent packs of ground manioch.

No fresh vegetables or fruit are to be seen, while meat and fish have long been absent from the diet of many Abidjanais.

An abandoned blue saloon car by the market stalls, a hole from a sniper's bullet through its windscreen, is testimony to street battles that have turned many neighbourhoods into ghost towns, with most people hiding out in their homes.

Samira Ouattara -- no relation to the presidential claimant -- holds up a tiny plastic bag containing an onion, a single chili pepper, a pack of cigarettes, a couple of spoonfuls ground manioch and a sachet of peanut paste.

"That cost 2,000 CFA today -- double what it normally would be," said the 27-year-old, adding that she and her friends were supplementing rations for their families with sweet potato leaves scavenged from fields on the outskirts of the city.

Two thousand CFA -- about $4 -- doesn't seem much, but it can be a full day's salary for the lucky few with jobs and still getting paid.

All those interviewed had watched or heard of Ouattara's televised address to the nation late on Thursday, urging the EU to drop sanctions on Ivorian ports and appealing to commercial banks to re-open their branches.

In a speech aimed at persuading Ivorians to try and get on with their lives, Ouattara used his own TCI television channel to promise that his parallel government was doing all it could to bring restart basic services -- even as Gbagbo and his allies remain bunkered in his heavily guarded downtown residence.

Sibrinah Coulibaly, 34, whose business selling fish was destroyed by looters who smashed his refrigeration equipment, said he was still confident for the future.

"We've had it worse than this -- 2002 for example," he said of the all-out civil war that left the country divided in two.

"I believe we can pull ourselves out of it this time ... It's up to all of us Ivorians to work together.

(Editing by Louise Ireland)

Copyright © 2011 Reuters

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

ANTARA - Hiburan

Posted: 08 Apr 2011 07:11 AM PDT

ANTARA - Hiburan


Katy Perry dan Rihanna Rajai Tangga Lagu AS

Posted: 08 Apr 2011 12:45 AM PDT

Katy Perry (reuters.com)

Berita Terkait

New York (ANTARA News) - Lagu Hits Katy Perry  "E.T.," featuring Kanye West bertengger di nomor satu memasuki pekan keduanya di chart Billboard  hot 100 singles AS pada Kamis (7/4).

Ini karena dukungan video klip sarat efek yang dibuatnya sepekan lalu seperti diwartakan oleh Reuters.

Tembang Rihanna "S&M" juga tak bergeser posisinya di nomor 2, sementara lagu Black Eyed Peas "just Cant Get Enough" naik dua peringkat menduduki posisi ketiga.dan tembang Cee Lo Green's "F**k You (Forget You)" di nomor. 4 sedangkan hits Lady Gaga's "Born This Way" ada di posisi 5 yang masing masing turun satu peringkat.

Lagu milik penyanyi Chris Brown's "Look at Me Now," featuring Lil Wayne and Busta Rhymes, naik satu peringkat ke  No. 6; Jeremih's "Down on Me," featuring 50 Cent, naik dua peringkat  ke No. 7; Jennifer Lopez's "On the Floor," featuring Pitbull, juga naik dua peringkat ke No. 8; dan Pink's "F**kin' Perfect" turun satu peringkat ke No. 9.
(*)

Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Karina Smirnoff Berpose Telanjang di Playboy

Posted: 07 Apr 2011 09:56 PM PDT

Karina Smirnoff (ANTARANews/Ardika)

Berita Terkait

New York (ANTARA News) - Bintang acara Dancing with the Stars Karina Smirnoff dikabarkan akan berpose telanjang di majalah  dewasa Playboy.

Seperti dikutip dari laman People, bintang kelahiran Ukraina berusia 33 tahun itu yang bermitra bersama Ralph Macchio dalam acara Dancing with the Stars musim ini, akan tampil bersama pada edisi majalah Playboy mendatang.

"Isu bulan Mei Majalah Playboy itu sungguh memikat karena menampilkan Karina Smirnoff bintang Dancing With The Stars di bagian sampul dan berpose telanjang di dalamnya," kata pimpinan majalah Playboy Hugh Hefner dalam Tweetnya.
(*)

Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Sindikasi welcomepage.okezone.com

Posted: 08 Apr 2011 01:31 AM PDT

Sindikasi welcomepage.okezone.com


Mantra Kedua

Posted: 08 Apr 2011 01:21 AM PDT

Judul Buku : RANAH 3 WARNA
Pengarang : A. Fuadi
Penerbit : PT. Gramedia Pustaka Utama
Cetakan : Ketiga, Januari 2011
Tebal :    474 halaman


Lanjutan dari kisah Alif Fikri yang telah lulus dari Pondok Madani (PM) ini sudah saya tunggu-tunggu sejak selesai membaca Negeri 5 Menara, namun baru sempat saya baca selama dua hari ini. Novel ini tentu saja juga ditunggu-tunggu oleh semua penggemar terbukti dari buku yang saya beli sudah mencapai cetakan ketiga di bulan yang sama sejak dicetak yaitu Januari 2011.

Alif yang baru saja lulus dari PM mulai membuat rencana untuk mewujudkan mimpi-mimpi yang telah ia pupuk dengan semangat "man jadda wajada". Setelah dia berhasil lulus ujian persamaan SMA, maka mimpi selanjutnya adalah menembus UMPTN di ITB mengikuti idolanya, Habibie. Namun Alif harus bisa menerima kenyataan bahwa waktunya tak cukup banyak untuk mempelajari materi UMPTN jurusan IPA. Maka dengan besar hati Alif membanting stir berusaha keras untuk menembus Universitas Padjajaran (UNPAD) jurusan Hubungan Internasional, dengan harapan dia bisa mewujudkan mimpinya yang lain yaitu bisa berkeliling dunia.

Hidup takkan berwarna jika tanpa masalah. Jalannya perkuliahan Alif yang kurang mulus di awal kuliah makin tersendat saat Alif menghadapi kenyataan bahwa ayahanda tercintanya harus pergi menghadap Illahi. Alif tidak mau membebani Amaknya yang masih harus membiayai sekolah kedua adiknya, maka dia bertekad untuk bekerja agar bisa mandiri. Menjual barang dan mengajar les privat menjadi pilihan awalnya. Namun ternyata malah membuat dia terkapar sakit.

Di saat sakitnya itulah dia menyadari bahwa "man jadda wajada" tidaklah cukup jika tidak disertai dengan "man shabara zhafira". Siapa yang sabar dia akan beruntung. Jadi sabar itu bukan berarti pasrah, tapi sebuah kesadaran yang proaktif. Dan sesungguhnya Allah itu selalu bersama orang yang bersabar (halaman 129).

Alif pun teringat saat dia digojlok bang Togar, pemimpin redaksi koran kampusnya yang telah artikelnya selalu dimuat di koran nasional. Waktu itu dia merasa sudah cukup sekali saja diperlakukan oleh Togar seperti itu. Lalu Alif menyadari bahwa seharusnya dia lebih bisa bersabar dalam menerima tempaan agar mampu menjadi penulis yang handal. Maka dengan kesungguhan dan kesabarannya akhirnya Alif berhasil dan beruntung karena perlahan-lahan artikelnya mulai diperhitungkan baik di koran lokal maupun koran nasional.

Mimpi-mimpi Alif tidak berhenti sampai di sini, namun dia selalu berani berusaha mewujudkannya dengan berusaha disertai bersabar hingga dia bisa menginjakkan kakinya di 3 ranah yang berbeda, Bandung, Yordania, dan Kanada.

Dalam menempuh ranah 3 warna ini, Alif bertemu begitu banyak orang yang berbeda ras dan kebudayaan. Teman-temannya dari Kanada, orangtua angkatnya di Saint Raymond, orang Indian, dan seorang gadis yang membuat hatinya tak karuan, Raisa.

Membaca kisah ini penuh dengan tawa, haru, cinta dan inspirasi pembangkit semangat. Terutama di saat ayah Alif meninggal dan dimakamkan entah mengapa saya begitu meresapi kesedihan itu hingga saya ikut menangis. Kemudian di saat Alif mendapat pengalaman pertukaran pelajar dan bersahabat dengan Rusdi, kelucuan mahasiswa asal Kalimantan itu mengakrabkan para mahasiswa peserta dari Indonesia. Dan kegigihan Alif agar bisa terpilih pada program pertukaran pemuda serta tekadnya agar bisa mendapatkan medali emas tentu saja memberikan inspirasi pada kita sebagai insan yang selalu ingin mengembangkan potensi diri.

Lagi-lagi Ahmad Fuadi menuliskan novel ini dengan bahasa lugas dan populer. Kecintaannya pada daerah asalnya yaitu Sumatera Barat mewarnai novel ini dan membuat pembaca lebih memahami salah satu kekayaan budaya asli Indonesia.

Jika Anda masih mempunyai mimpi, dan semestinya kita mempunyai mimpi, jangan takut mewujudkannya. Karena sesungguhnya Allah bersama orang yang mau berusaha dan bersabar. Man jadda wajada!! Man shabara zhafira!!

Ersina Rakhma
Penikmat Buku, Tinggal di Jakarta


(//mbs)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Alumni Unsoed, Ketemuan Yuk!

Posted: 08 Apr 2011 01:21 AM PDT

JAKARTA - Salah satu cara melepas kangen dengan teman semasa kuliah dulu adalah dengan menghadiri acara reuni atau temu alumni yang diselenggarakan kampusmu. Seperti yang akan dilakukan oleh alumni Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Sabtu, 9 April, besok.

Pengurus Pusat Keluarga Alumni Universitas Jenderal Soedirman (PP KA Unsoed) mengundang semua alumni Unsoed dari seluruh jurusan, angkatan, dan jenjang studi untuk ngumpul bareng di acara Temu Alumni Unsoed.

Ketua Umum PP KA Unsoed Haiban Hadjid menjelaskan, acara ini akan digelar di Aula Sasana Amal Bhakti, Kementerian Agama. Lokasi persisnya berada di seberang Kantor Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), Pejambon, atau di samping Kantor Pusat Pertamina.

"Seperti kegiatan-kegiatan sebelumnya, Temu Alumni Unsoed ini bernafaskan kekompakan dan semangat demi mendukung Unsoed menuju World Class Civic University," kata Haiban seperti dikutip dari keterangan tertulisnya, Jumat (8/4/2011).

Orang nomor satu di kampus yang terletak di Jalan HR Boenyamin itu, yakni Rektor Unsoed, Prof Edy Yuwono, PhD dan seluruh dekan dipastikan hadir. Rektor akan menyampaikan capaian dan kondisi terakhir Unsoed. Tak hanya rektor, pentolan alumni Unsoed lainnya seperti Zainal "Bang Jay" Abidin yang sudah menulis 94 buku, serta Gustian Djuanda, alumnus Fakultas Ekonomi yang kini menjadi Visiting Lecturer di Universiti Utara Malaysia juga akan menyampaikan ceramah interaktif. Keduanya dikenal sebagai motivator.

Ayo, yang ngaku alumni Unsoed, segera daftarkan dirimu ke panitia Temu Alumni Unsoed! Kirimkan pesan singkat ke nomor 0816 163 5061 (Yuli) dan 0812 99 56 112 (Adi) atau surat elektronik ke: ka.unsoed@yahoo.com. Format pesanmu adalah nama lengkap, fakultas, dan angkatan. Ditunggu ya! (rfa)(rhs)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Sindikasi news.okezone.com

Posted: 08 Apr 2011 01:30 AM PDT

Sindikasi news.okezone.com


Mantra Kedua

Posted: 08 Apr 2011 01:21 AM PDT

Judul Buku : RANAH 3 WARNA
Pengarang : A. Fuadi
Penerbit : PT. Gramedia Pustaka Utama
Cetakan : Ketiga, Januari 2011
Tebal :    474 halaman


Lanjutan dari kisah Alif Fikri yang telah lulus dari Pondok Madani (PM) ini sudah saya tunggu-tunggu sejak selesai membaca Negeri 5 Menara, namun baru sempat saya baca selama dua hari ini. Novel ini tentu saja juga ditunggu-tunggu oleh semua penggemar terbukti dari buku yang saya beli sudah mencapai cetakan ketiga di bulan yang sama sejak dicetak yaitu Januari 2011.

Alif yang baru saja lulus dari PM mulai membuat rencana untuk mewujudkan mimpi-mimpi yang telah ia pupuk dengan semangat "man jadda wajada". Setelah dia berhasil lulus ujian persamaan SMA, maka mimpi selanjutnya adalah menembus UMPTN di ITB mengikuti idolanya, Habibie. Namun Alif harus bisa menerima kenyataan bahwa waktunya tak cukup banyak untuk mempelajari materi UMPTN jurusan IPA. Maka dengan besar hati Alif membanting stir berusaha keras untuk menembus Universitas Padjajaran (UNPAD) jurusan Hubungan Internasional, dengan harapan dia bisa mewujudkan mimpinya yang lain yaitu bisa berkeliling dunia.

Hidup takkan berwarna jika tanpa masalah. Jalannya perkuliahan Alif yang kurang mulus di awal kuliah makin tersendat saat Alif menghadapi kenyataan bahwa ayahanda tercintanya harus pergi menghadap Illahi. Alif tidak mau membebani Amaknya yang masih harus membiayai sekolah kedua adiknya, maka dia bertekad untuk bekerja agar bisa mandiri. Menjual barang dan mengajar les privat menjadi pilihan awalnya. Namun ternyata malah membuat dia terkapar sakit.

Di saat sakitnya itulah dia menyadari bahwa "man jadda wajada" tidaklah cukup jika tidak disertai dengan "man shabara zhafira". Siapa yang sabar dia akan beruntung. Jadi sabar itu bukan berarti pasrah, tapi sebuah kesadaran yang proaktif. Dan sesungguhnya Allah itu selalu bersama orang yang bersabar (halaman 129).

Alif pun teringat saat dia digojlok bang Togar, pemimpin redaksi koran kampusnya yang telah artikelnya selalu dimuat di koran nasional. Waktu itu dia merasa sudah cukup sekali saja diperlakukan oleh Togar seperti itu. Lalu Alif menyadari bahwa seharusnya dia lebih bisa bersabar dalam menerima tempaan agar mampu menjadi penulis yang handal. Maka dengan kesungguhan dan kesabarannya akhirnya Alif berhasil dan beruntung karena perlahan-lahan artikelnya mulai diperhitungkan baik di koran lokal maupun koran nasional.

Mimpi-mimpi Alif tidak berhenti sampai di sini, namun dia selalu berani berusaha mewujudkannya dengan berusaha disertai bersabar hingga dia bisa menginjakkan kakinya di 3 ranah yang berbeda, Bandung, Yordania, dan Kanada.

Dalam menempuh ranah 3 warna ini, Alif bertemu begitu banyak orang yang berbeda ras dan kebudayaan. Teman-temannya dari Kanada, orangtua angkatnya di Saint Raymond, orang Indian, dan seorang gadis yang membuat hatinya tak karuan, Raisa.

Membaca kisah ini penuh dengan tawa, haru, cinta dan inspirasi pembangkit semangat. Terutama di saat ayah Alif meninggal dan dimakamkan entah mengapa saya begitu meresapi kesedihan itu hingga saya ikut menangis. Kemudian di saat Alif mendapat pengalaman pertukaran pelajar dan bersahabat dengan Rusdi, kelucuan mahasiswa asal Kalimantan itu mengakrabkan para mahasiswa peserta dari Indonesia. Dan kegigihan Alif agar bisa terpilih pada program pertukaran pemuda serta tekadnya agar bisa mendapatkan medali emas tentu saja memberikan inspirasi pada kita sebagai insan yang selalu ingin mengembangkan potensi diri.

Lagi-lagi Ahmad Fuadi menuliskan novel ini dengan bahasa lugas dan populer. Kecintaannya pada daerah asalnya yaitu Sumatera Barat mewarnai novel ini dan membuat pembaca lebih memahami salah satu kekayaan budaya asli Indonesia.

Jika Anda masih mempunyai mimpi, dan semestinya kita mempunyai mimpi, jangan takut mewujudkannya. Karena sesungguhnya Allah bersama orang yang mau berusaha dan bersabar. Man jadda wajada!! Man shabara zhafira!!

Ersina Rakhma
Penikmat Buku, Tinggal di Jakarta


(//mbs)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Briptu Norman Naik Pangkat? Ini Jawaban Kapolri

Posted: 08 Apr 2011 01:19 AM PDT

JAKARTA - Kapolri Jendral Pol Timur Pradopo mengaku telah menemui Briptu Norman, anggota Korps Brimob Gorontalo yang mendadak tenar karena lagu India di situs You Tube.
 
Meski kelakuan Norman dimata Timur cukup mengharumkan citra Polri, namun hal tersebut belum tentu akan menaikkan pangkat.
 
"Ketemu, jadi intinya bakat itu harus disalurkan. Tapi tidak boleh melanggar etika," ungkapnya.
 
Timur nampak tertawa saat disinggung peluang Briptu Norman naik pangkat.
 
"Ya tentutnya silakan karena ini seni, silakan dikembangkan untuk bisa menghibur masyarakat. Kita punya program kemitraan, saya kira itu wujud dari Satuan Brimob yang memang juga punya fungsi kemitraan. Saya kira itu yg harus dilakukan," paparnya.
 
Adakah pengharagaan khusus untuk Norman?
 
"Sekali lagi semua kaitannya dengan masalah tugas. Kaitannya dengan program kemitraan. Sesuai dengan bakat yang bersangkutan. Tapi tidak boleh, misalnya saat dinas dia melakukan hal-hal yang diluar unsur protap," tukasnya.

(teb)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Harian Metro: Global

Posted: 08 Apr 2011 01:18 AM PDT

Harian Metro: Global


Gaddafi rayu pada Obama

Posted: 07 Apr 2011 07:59 AM PDT

PENYOKONG kumpulan pemberontak, Abd El Halim Fakroun mara untuk memberi sokongan moral kepada pemberontak di luar Brega,  timur Libya, semalam.
PENYOKONG kumpulan pemberontak, Abd El Halim Fakroun mara untuk memberi sokongan moral kepada pemberontak di luar Brega, timur Libya, semalam.

WASHINGTON: Pemimpin Libya, Muammar Gaddafi semalam merayu secara langsung kepada Presiden Amerika Syarikat, Barack Obama untuk menamatkan apa yang disifatkan sebagai peperangan yang tidak adil.

Beliau turut mengucapkan selamat kepada Obama dalam usahanya untuk mempertahankan jawatan dalam pilihan raya tahun depan.


"Anda adalah orang yang mempunyai keberanian secukupnya untuk membatalkan tindakan yang silap," kata Gaddafi dalam surat tiga muka kepada Obama.

"Saya pasti anda mampu untuk bertanggungjawab terhadapnya.

"Untuk memastikan keamanan di seluruh dunia, persahabatan antara rakyat kita, dan demi kepentingan ekonomi serta kerjasama keselamatan dalam memerangi keganasan, anda berada dalam kedudukan untuk menghentikan Nato daripada mencampuri hal ehwal Libya," kata Gaddafi.


Rumah Putih mengesahkan surat berkenaan tetapi enggan mengulasnya secara terperinci.


Gaddafi turut memberitahu Obama sebuah masyarakat demokratik tidak boleh dibina dengan menggunakan peluru berpandu dan pesawat pengebom.

Dalam surat yang dikatakan mempunyai banyak kesilapan ejaan dan tatabahasa Inggeris, Gaddafi memulakannya dengan menyebut Obama sebagai anak.

"Anak kami yang disayangi, yang dihormati, Baraka Hussein Abu Oumama," kata pemimpin Libya itu dalam surat berkenaan.

Beliau juga tidak menyuarakan kemarahan pada Obama dalam surat yang bertarikh 5 April 2011 itu. - AP

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

250 pelarian mati lemas

Posted: 07 Apr 2011 07:58 AM PDT

ROME: Kira-kira 250 orang pelarian, kebanyakannya dari negara di Afrika masih hilang dan dikhuatiri mati lemas selepas bot yang mereka naiki dan berlepas dari Libya Isnin lalu, karam.

Jurucakap Pertubuhan Migrasi Antarabangsa, Jean-Philippe Chauzy berkata, bot itu karam kelmarin sebaik saja kapal penyelamat pasukan pengawal pantai tiba.

"Laut bergelora ketika itu dan apabila penumpang berkumpul di tepi, ia senget lalu tenggelam.

"Mereka lemas dalam sekelip mata. Yang tidak tahu berenang cuba berpaut antara satu sama lain," katanya. - Reuters

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

KOMPAS.com - Regional

Posted: 08 Apr 2011 01:13 AM PDT

KOMPAS.com - Regional


Pelanggar Syariat Dicambuk

Posted: 08 Apr 2011 07:32 AM PDT

Syariat Islam

Pelanggar Syariat Dicambuk

K12-11 | A. Wisnubrata | Jumat, 8 April 2011 | 14:32 WIB

ACEH BESAR, KOMPAS.com -  Empat pelaku pelanggar syariat Islam di kawasan Aceh Besar, Jumat (8/4/2011), menjalani hukuman cambuk setelah mendapat ketetapan hukum dari Mahkamah Syar'iyah Aceh Besar. Mereka terbukti melakukan pelanggaran qanun syariat Islam.

Masing-masing pelanggar hukuman syariat ini adalah Sudirman Bin Bintang, Irdayanti Binti Mukhtar, Rudi Setiaan Yudi dan Nuramalia Binti Usman Ali. Kedua pasangan ini melanggar pasal 22 Jo pasal 5 qanun no 14/2003 tentang khalwat (bertindak mesum).

Kepala Polisi Syariat/Satpol PP Kabupaten Aceh Besar, Rusli, mengatakan kedua pasangan ini ditangkap karena melakukan perbuatan mesum dengan berdua-duaan di tempat sepi dan menonton video mesum melalui telpon seluler.

"Kedua pasangan ini ditangkap di lokasi yang berbeda pada bulan lalu, dan mereka melanggar hukum syariat Islam dan dikenai hukuman cambuk maksimal 9 kali cambukan," kata Rusli.

Setelah mendapat ketetapan hukuman dari Mahkamah Syari'yah Aceh Besar, kedua pasangan ini mendapat vonis hukuman cambuk yang dilaksanakan di depan mesjid Al-Munawarah, Jantho, Kabupaten Aceh Besar.

Menurut Rusli, para terdakwa itu ditangkap oleh personil wilayatul hisbah (wh) alias Polisi syariah, dalam sebuah penggrebekan pada bulan lalu.

Rusli mengimbau kepada masyarakat, agar pelaksanaan hukuman cambuk yang merupakan implementasi hukum syariat Islam di Aceh ini, bisa mejadi pelajaran bagi warga, sehingga tidak lagi melakukan pelanggaran-pelanggaran lagi.

Hukuman cambuk mulai diberlakukan di Aceh sejak tahun 2004 lalu. Pelaksanaan hukuman cambuk perdana dilakukan di Kabupaten Bireun, dengan 7 orang pelanggar syariat. 

 

Sent Using Telkomsel Mobile Internet Service powered by

Kirim Komentar Anda

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Diserang Ulat Bulu, Mangga Makin Lebat

Posted: 08 Apr 2011 06:41 AM PDT

PROBOLINGGO, KOMPAS.com - Serangan ulat bulu yang menggunduli pohon mangga dan membuat warga menderita, rupanya bisa menjadi berkah. Pasalnya, menurut Direktur Perlindungan Hortikultura Kementerian Pertanian RI, Susilo, serangan ulat bulu pada mangga itu diprediksi akan membuat buah mangga di pohon semakin lebat.

"Dalam filosofi buah, setelah daun rontok maka buahnya akan makin lebat," katanya saat berkunjung ke Desa Kedawung, Leces, Kabupaten Probolinggo, Jumat (8/4/2011) siang.

Susilo yang datangnya berbarengan dengan rombongan anggota Komisi B DRPD Jatim, mengatakan pihaknya hingga saat ini masih mencari penyebab pasti timbulnya serangan ulat bulu di Probolinggo. Selama ini dugaan yang muncul adalah akibat erupsi Bromo dan iklim ekstrem.

"Kalau memang ini disebabkan cuaca ekstrem, maka tidak hanya ulat bulu, hama OPT lainnya juga pasti meningkat. Jadi, penyebab pastinya masih dikaji. Kemungkinan bukan akibat erupsi Bromo atau iklim ekstrem. Serangan ulat bulu di sini tidak ada apa-apanya dan bukanlah hama besar," ujarnya.

Di mata Susilo, serangan ulat bulu ini tak berbahaya sebab hanya menyerang 1,5 persen pohon mangga dari 9 kecamatan yang terserang ulat bulu. Kesembilan kecamatan itu meliputi wilayah Kabupaten Probolinggo dan Kota Probolinggo. "Ini kita anggap bukan hama utama. Kalau hama utama pasti akan merugikan petani. Ini kan hanya menyerang daun mangga. Setelah dedaunannya habis, ulat-ulat itu pindah. Hama utama pada pohon mangga itu adalah lalat buah. Besok (Sabtu) para petugas bakal melakukan penyemprotan musuh alami metarisium dan beauvirinbassiana," jelasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPW PKNU Jatim, Anwar Sadad, saat berkunjung ke Desa Sumberkedawung, Leces, Kabupaten Probolinggo, menyatakan bersyukur karena serangan ulat bulu mulai mereda.

"Alhamdulilllah, serangan ulat bulunya sudah mulai reda. Saya minta warga tak lagi resah gelisah, apalagi gundah gulana. Saya merasakan bagaimana ketidaknyamanan warga atas serbuan ulat bulu ini. Makanya, kami terus ikut memantau perkembangan di sini dan berkoordinasi dengan eksekutif terkait penanganannya, supaya masalah ini tidak mengganggu produktifitas pertanian warga setempat," ujarnya.

Meski begitu, Sadad yang juga Anggota Komisi B DPRD Jatim ini, meminta agar Dinas Pertanian Kabupaten Probolinggo terus melakukan monitoring agar serangan susulan ulat bulu bisa diantisipasi. "Bahwa serangan ulat bulu itu tidak sampai merenggut korban jiwa, iya. Hanya saja, daun pohon mangga dan warga sendiri sangat terganggu atas serangan ulat bulu. Karena sudah mulai mereda, saya minta dinas terkait terus memantau kondisi di lapangan," kata Sadad.

Dalam kesempatan itu, Sadad yang didampingi sejumlah anggota Komisi B lainnya juga menyerahkan bantuan berupa alat semprot dan obat-obatan pengganyang ulat bulu kepada warga setempat. "Ini bantuan dari dewan," imbuh Sadad yang didampingi Kepala Dinas Pertanian Jatim Eko dan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Probolinggo Hasyim Asy'ari.

Sent Using Telkomsel Mobile Internet Service powered by

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Republika Online

Posted: 07 Apr 2011 11:42 PM PDT

Republika Online


Pasutri Tangsel yang Belum Daftarkan Pernikahan, akan Diisbat Gratis

Posted: 07 Apr 2011 11:11 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID,  CIPUTAT – Berdasarkan survei, masih banyak penduduk di kota Tangerang Selatan (Tangsel) yang belum mendaftarkan pernikahannya di Kantor Urusan Agama (KUA). Ada sekitar 250 pasangan suami isteri yang belum terdaftar di Kecamatan Ciputat, Serpong Utara, dan Pondok Aren. "250 pasangan tersebut akan diisbatkan melalui Pengadilan Agama tahun ini," kata Pejabat Walikota Tangerang Selatan (Tangsel), Hidayat Djohari, Jumat (8/4).

Pemerintah Kota (Pemkot) Tangsel melalui BPMBPKB membantu masyarakat yang tidak mampu untuk melaksanakan isbat nikah secara mandiri.  Isbat yang dimaksud adalah pernikahan yang dilaksanakan dan disahkan secara agama, namun belum terdaftar di Kantor Urusan Agama (KUA). "Dengan kata lain mereka tidak memiliki buku nikah," kata CC Rukmana, Wakil Ketua Pengadilan Agama Kabupaten Tangerang.

Nita Gilik, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMBPKB) mengatakan bahwa dampak dari hal tersebut khususnya dirasakan oleh kaum perempuan, "Contohnya jika terjadi perceraian dan pembagian harta, pihak perempuan cenderung dirugikan", kata Nita. Selain itu, kepemilikan buku nikah juga diperlukan untuk urusan lain, seperti pembuatan akta kelahiran anak, passport, dan sebagainya.

Kegiatan kali ini bertempat di komplek gedung Walikota Tangerang Selatan (Tangsel), Ciputat. Kegiatan tersebut dilaksanakan di beberapa kecamatan, seperti Setu (60 orang), Serpong Utara (80 orang), dan Ciputat (85 orang). "12 April nanti sosialisasi berikutnya diadakan di Kecamatan Pondok Aren," kata Nita.

Jadwal pelaksanaan Isbat Nikah ini akan ditentukan lebih lanjut, "biaya yang dikenakan Rp 0", kata Hidayat Djohari saat membuka acara. Menurut Hidayat, sosialisasi sudah dilakukan diseluruh kecamatan di Kota Tangsel. Sisanya ada 3 kecamatan, yaitu Ciputat, Serpong Utara, dan Pondok Aren.

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Keukeuh Tolak Gedung Baru, PDIP Walk Out

Posted: 07 Apr 2011 11:06 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (FPDIP) melakukan aksi walk out dari ruang rapat paripurna DPR RI. Aksi itu sebagai penolakannya atas pembangunan gedung baru DPR .

"Rapat Paripurna adalah forum tertinggi. Bisa saja rapat konsultasi kemarin batal di rapat paripurna. Tapi pimpinan rapat tidak mendengarkan interupsi kita, memaksakan rapat terus berjalan. Ya teruskan saja dan FPDIP lebih baik walk out," kata Maruarar di depan ruang rapat paripurna Gedung DPR RI, Jakarta, Jumat (7/4).

Menurut anggota DPR RI FPDIP Maruarar Sirait, walk outnya FPDIP karena pimpinan rapat paripurna yang dipimpin oleh Ketua DPR RI Marzuki Alie tidak mendengarkan interupsi anggota DPR RI dari FPDIP terkait penolakan pembangunan gedung baru yang sudah diputuskan dalam rapat konsultasi pada Kamis sore (7/4).

Sebelum melakukan walk out, Maruarar dan Eva Kusuma Sundari secara bergantian mendatangi meja pimpinan rapat.

"Saya meminta dan menjelaskan kepada pimpinan Marzuki Alie untuk mendengarkan aspirasi FPDIP soal gedung baru agar ditolak sebelum dibacakan pidato penutupan masa sidang ke III. Karena kalau sudah dibacakan, tidak bisa lagi," kata Maruarar.

Sementara itu, Eva Kusuma Sundari sebelum meninggalkan ruang rapat paripurna, terlebih dulu mendatangi meja pimpinan dan menyalami satu persatu pimpinan rapat paripurna.

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Sindikasi news.okezone.com

Posted: 07 Apr 2011 11:32 PM PDT

Sindikasi news.okezone.com


Briptu Norman Masih Belum Tahu Pengunggah Videonya

Posted: 07 Apr 2011 11:15 PM PDT

JAKARTA - Sekira pukul 09.25 WIB, Briptu Norman Kamaru, Anggota Brimob Polda Gorontalo yang namanya melejit lewat Youtube datang ke Gedung Humas Mabes Polri d dampingi Kasat Brimob AKBP Supena. Sontak kehadirannya mengebohkan para anggota Polri yang berada di gedung itu.

Sosok anggota Brimob yang terkesan kaku seakan hilang saat Norman menyanyikan lagu Chaiyya-chaiyya lengkap dengan tarian India. Namun di tengah-tengah ketenarannya saat ini, Norman mengaku tidak mengetahui siapa pengunggah videonya di situs Youtube.

"Itu nggak tahu. Sampai sekarang nggak tahu siapa yang masukin," kata Norman di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo , No.1 Jakarta Selatan, Jumat, (7/4/2011).

Penggemar musik India sejak kecil ini mengaku pembuatan video tersebut baru kali pertama dia lakukan. "Kemarin itu pas lagi piket rekan saya yangg di samping itu yang di video itu  stres sama istrinya, pas lagi  brantem sama istrinya. Waktu pas aplus piket satu hari itu dia nggak pernah senyum, nggak pernah ngomong. Diajak ngomong nggak mau. Terpaksa saya inisiatif sendiri buat dia terhibur saya nyanyi buat video. Selesai buat video dia ketawa," kata Norman.

Norman menambahkan, dia juga tidak akan menolak jika ada tawaran dari produser yang ingin mengontraknya." Kalau nggak ganggu tugas saya oke-oke aja," tukasnya.
(ugo)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Ketua DPR Bingung Sikap PDIP Soal Gedung Baru

Posted: 07 Apr 2011 11:14 PM PDT

JAKARTA - Ketua DPR Marzuki Ali merasa bingung dengan sikap anggotanya terkait rencana pembangunan gedung baru DPR.

"Saya sebagai pimpinan bingung mau dibawa ke mana ini sebetulnya. Di sana mengatakan ini, di luar beda lagi," ujar Marzuki seusai mengikuti rapat paripurna di Gedung DPR, Jakarta, Jumat (8/4/2011).
 
Menurut Marzuki, hasil rapat konsultasi kemarin jelas dan resmi bahwa tujuh fraksi menyatakan setuju pembangunan dilanjutkan dan satu fraksi menolak yakni Gerindra dan fraksi PAN masih melakukan calling down.

"Kalau Gerindra kami pahami kemarin menolak, yang justru kita prihatin, yang mewakili PDIP saat rapat konsultasi, PDIP tidak pernah menyatakan menolak. Hanya memang perlu dilakukan terkait kemewahan oleh karena itu pimpinan serahkan ke PU untuk menjawab pertanyaan masyarakat. Apakah gedung ini memenuhi standard, di bawah standard, atau di atas standard. Apakah harga yang direncanakan wajar, di bawah wajar atau di atas wajar, kami serahkan ke Kementerian PU. Apakah gedung ini mahal berlebih-lebihan atau di bawah normal," papar Marzuki.

Politisi Partai Demokrat ini mengatakan, dalam rapat konsultasi semuanya telah dijelaskan dan tak ada masalah. "Dalam rapat kemarin itu kita clear, delapan fraksi gedung ini dilanjutkan. Satu fraksi tidak perlu itu Gerindra. Diperlukan calling down soal opini publik yaitu Fraksi PAN. Yang 7 fraksi lanjut karena sudah memenuhi proporsional. Saya mewakili lembaga jadi tidak mungkin saya bohong," tandas Marzuki.
(ram)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Republika Online

Posted: 07 Apr 2011 11:14 PM PDT

Republika Online


Pasutri Tangsel yang Belum Daftarkan Pernikahan, akan Diisbat Gratis

Posted: 07 Apr 2011 11:11 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID,  CIPUTAT – Berdasarkan survei, masih banyak penduduk di kota Tangerang Selatan (Tangsel) yang belum mendaftarkan pernikahannya di Kantor Urusan Agama (KUA). Ada sekitar 250 pasangan suami isteri yang belum terdaftar di Kecamatan Ciputat, Serpong Utara, dan Pondok Aren. "250 pasangan tersebut akan diisbatkan melalui Pengadilan Agama tahun ini," kata Pejabat Walikota Tangerang Selatan (Tangsel), Hidayat Djohari, Jumat (8/4).

Pemerintah Kota (Pemkot) Tangsel melalui BPMBPKB membantu masyarakat yang tidak mampu untuk melaksanakan isbat nikah secara mandiri.  Isbat yang dimaksud adalah pernikahan yang dilaksanakan dan disahkan secara agama, namun belum terdaftar di Kantor Urusan Agama (KUA). "Dengan kata lain mereka tidak memiliki buku nikah," kata CC Rukmana, Wakil Ketua Pengadilan Agama Kabupaten Tangerang.

Nita Gilik, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMBPKB) mengatakan bahwa dampak dari hal tersebut khususnya dirasakan oleh kaum perempuan, "Contohnya jika terjadi perceraian dan pembagian harta, pihak perempuan cenderung dirugikan", kata Nita. Selain itu, kepemilikan buku nikah juga diperlukan untuk urusan lain, seperti pembuatan akta kelahiran anak, passport, dan sebagainya.

Kegiatan kali ini bertempat di komplek gedung Walikota Tangerang Selatan (Tangsel), Ciputat. Kegiatan tersebut dilaksanakan di beberapa kecamatan, seperti Setu (60 orang), Serpong Utara (80 orang), dan Ciputat (85 orang). "12 April nanti sosialisasi berikutnya diadakan di Kecamatan Pondok Aren," kata Nita.

Jadwal pelaksanaan Isbat Nikah ini akan ditentukan lebih lanjut, "biaya yang dikenakan Rp 0", kata Hidayat Djohari saat membuka acara. Menurut Hidayat, sosialisasi sudah dilakukan diseluruh kecamatan di Kota Tangsel. Sisanya ada 3 kecamatan, yaitu Ciputat, Serpong Utara, dan Pondok Aren.

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Keukeuh Tolak Gedung Baru, PDIP Walk Out

Posted: 07 Apr 2011 11:06 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (FPDIP) melakukan aksi walk out dari ruang rapat paripurna DPR RI. Aksi itu sebagai penolakannya atas pembangunan gedung baru DPR .

"Rapat Paripurna adalah forum tertinggi. Bisa saja rapat konsultasi kemarin batal di rapat paripurna. Tapi pimpinan rapat tidak mendengarkan interupsi kita, memaksakan rapat terus berjalan. Ya teruskan saja dan FPDIP lebih baik walk out," kata Maruarar di depan ruang rapat paripurna Gedung DPR RI, Jakarta, Jumat (7/4).

Menurut anggota DPR RI FPDIP Maruarar Sirait, walk outnya FPDIP karena pimpinan rapat paripurna yang dipimpin oleh Ketua DPR RI Marzuki Alie tidak mendengarkan interupsi anggota DPR RI dari FPDIP terkait penolakan pembangunan gedung baru yang sudah diputuskan dalam rapat konsultasi pada Kamis sore (7/4).

Sebelum melakukan walk out, Maruarar dan Eva Kusuma Sundari secara bergantian mendatangi meja pimpinan rapat.

"Saya meminta dan menjelaskan kepada pimpinan Marzuki Alie untuk mendengarkan aspirasi FPDIP soal gedung baru agar ditolak sebelum dibacakan pidato penutupan masa sidang ke III. Karena kalau sudah dibacakan, tidak bisa lagi," kata Maruarar.

Sementara itu, Eva Kusuma Sundari sebelum meninggalkan ruang rapat paripurna, terlebih dulu mendatangi meja pimpinan dan menyalami satu persatu pimpinan rapat paripurna.

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

ANTARA - Mancanegara

Posted: 07 Apr 2011 09:34 PM PDT

ANTARA - Mancanegara


AS Usir Duta Besar Ekuador

Posted: 07 Apr 2011 01:40 PM PDT

Washington (ANTARA News) - Washington hari Kamis memerintahkan pengusiran duta besar Ekuador untuk Amerika Serikat sebagai tindakan pembalasan setelah utusan AS di Quito diperintahkan meninggalkan Ekuador karena pesan diplomatik yang bocor.

Duta Besar Luis Gallegos dipanggil oleh kementerian luar negeri dan dinyatakan sebagai persona non grata yang harus meninggalkan AS secepat mungkin, kata juru bicara Kementerian Luar Negeri AS Charles Luoma-Overstreet kepada AFP.

Ekuador hari Selasa memerintahkan Duta Besar AS Heather Hodges meninggalkan negara itu karena permasalahan menyangkut tilgram diplomatik bocor yang mengutipnya mengatakan bahwa Presiden Rafael Correa dengan sengaja mengangkat seorang kepala kepolisian yang korup.

"Tindakan tidak adil pemerintah Ekuador dalam menyatakan Duta Besar Hodges sebagai persona non grata membuat kami tidak memiliki pilihan lain kecuali melakukan tindakan pembalasan," kata Luoma-Overstreet dalam pernyataan email.

"Duta Besar Hodges adalah salah satu diplomat kami yang paling berpengalaman dan berbakat," kata juru bicara itu.

AS "juga membekukan dialog bilateral, yang dijadwalkan berlangsung pada Juni", lanjutnya.

Luoma-Overstreet menambahkan, Washington "ingin menjalin hubungan positif dengan Ekuador, namun keputusan yang patut disesalkan dan tidak beralasan untuk mengumumkan Duta Besar Hodges sebagai persona non grata harus dipertimbangkan untuk langkah selanjutnya".

Perselisihan itu terjadi hampir setahun setelah Menteri Luar Negeri AS Hillary Clinton bertemu dengan Correa sebagai bagian dari upaya menimbulkan keretakan antara negarawan Ekuador yang berhaluan kiri itu dan Presiden Venezuela Hugo Chavez yang terkenal anti-AS.

Hillary mengatakan selama kunjungannya itu, Washington berkomitmen menjalin kemitraan dengan kerja sama dan dialog terbuka dengan Ekuador. (M014/K004)

Editor: B Kunto Wibisono
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

6 Prajurit Afghanistan Tewas Dalam Serangan Bom Taliban

Posted: 07 Apr 2011 12:54 PM PDT

Kandahar, Afghanistan (ANTARA News) - Enam personel keamanan Afghanistan tewas Kamis ketika gerilyawan Taliban meledakkan sebuah bom yang disembunyikan di dalam ambulan di tengah serangan yang dilakukan terhadap kantor polisi di kota Kandahar, Afghanistan selatan.

Pemboman itu merupakan serangan terakhir terhadap pasukan keamanan Afghanistan, hanya beberapa bulan sebelum pasukan NATO pimpinan AS memulai penarikan terbatas setelah perang hampir 10 tahun melawan Taliban.

"Gerilyawan meledakkan sebuah ambulan yang dipasangi bom, yang menewaskan enam anggota pasukan keamanan nasional dan mencederai 10 orang," termasuk seorang warga sipil, kata kantor gubernur Kandahar.

Ambulan itu tiba setelah sejumlah gerilyawan yang bersenjatakan senapan serang dan granat roket mulai menembaki kantor polisi tersebut.

Kendaraan itu berhasil melewati garis pengamanan dan diledakkan di dekat lokasi pasukan keamanan yang memerangi gerilyawan, kata kepala kepolisian lokal Khan Mohammad Mujahid.

Serangan itu terjadi di sebuah kompleks di luar Kandahar, yang digunakan untuk tempat latihan polisi dan perekrutan tentara dan polisi.

Sebuah kantor baru polisi di kota itu juga dibangun di sana, setelah serangan Taliban terhadap kantor sebelumnya pada Februari yang menewaskan 19 orang.

Taliban mengklaim bertanggung jawab atas serangan terakhir itu, dan juru bicara kelompok itu Yousuf Ahmadi mengatakan kepada AFP bahwa empat pejuang mereka berhasil memasuki kantor polisi tersebut.

Pemboman mematikan pada Kamis itu merupakan yang terakhir dari serangan-serangan gerilya yang bermunculan lagi di sejumlah daerah di Afghanistan.

Bulan lalu, kepala kepolisian provinsi Kunduz, Afghanistan utara, tewas dalam serangan bom bunuh diri yang juga diklaim oleh Taliban.

Konflik meningkat di Afghanistan dengan jumlah kematian sipil dan militer mencapai tingkat tertinggi tahun lalu ketika kekerasan yang dikobarkan Taliban meluas dari wilayah tradisional di selatan dan timur ke daerah-daerah barat dan utara yang dulu stabil.

Sebanyak 711 prajurit asing tewas dalam perang di Afghanistan sepanjang tahun lalu, yang menjadikan 2010 sebagai tahun paling mematikan bagi pasukan asing, menurut hitungan AFP yang berdasarkan atas situs independen icasualties.org.

Jumlah kematian sipil juga meningkat, dan Kementerian Dalam Negeri Afghanistan mengumumkan bahwa 2.043 warga sipil tewas pada 2010 akibat serangan Taliban dan operasi militer yang ditujukan pada gerilyawan.

Pemimpin Taliban Mullah Omar telah menyatakan, pihaknya meningkatkan serangan taktis terhadap pasukan koalisi untuk memerangkap musuh dalam perang yang melelahkan dan mengusir mereka seperti pasukan eks-Uni Sovyet.

Saat ini terdapat lebih dari 150.000 prajurit yang ditempatkan di Afghanistan untuk membantu pemerintah Presiden Hamid Karzai memerangi gerilyawan Taliban.

Taliban, yang memerintah Afghanistan sejak 1996, mengobarkan pemberontakan sejak digulingkan dari kekuasaan di negara itu oleh invasi pimpinan AS pada 2001 karena menolak menyerahkan pemimpin Al-Qaeda Osama bin Laden, yang dituduh bertanggung jawab atas serangan di wilayah Amerika yang menewaskan sekitar 3.000 orang pada 11 September 2001.

Pasukan Bantuan Keamanan Internasional (ISAF) pimpinan NATO mencakup puluhan ribu prajurit yang berasal dari 43 negara, yang bertujuan memulihkan demokrasi, keamanan dan membangun kembali Afghanistan, namun kini masih berusaha memadamkan pemberontakan Taliban dan sekutunya.

Sekitar 521 prajurit asing tewas sepanjang 2009, yang menjadikan tahun itu sebagai tahun mematikan bagi pasukan internasional sejak invasi pimpinan AS pada 2001 dan membuat dukungan publik Barat terhadap perang itu merosot.

Gerilyawan Taliban sangat bergantung pada penggunaan bom pinggir jalan dan serangan bunuh diri untuk melawan pemerintah Afghanistan dan pasukan asing yang ditempatkan di negara tersebut.

Bom rakitan yang dikenal sebagai IED (peledak improvisasi) mengakibatkan 70-80 persen korban di pihak pasukan asing di Afghanistan, menurut militer. (M014/K004)

Editor: B Kunto Wibisono
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

KOMPASentertainment

Posted: 07 Apr 2011 09:31 PM PDT

KOMPASentertainment


Djaduk Ferianto: Ini Penampilan Terjelek Kitaro

Posted: 08 Apr 2011 03:48 AM PDT

JAKARTA, KOMPAS.com -- Usai menonton konser pemusik legendaris asal Jepang, Kitaro, di Plenary Hall, Jakarta Convention Center, Kamis (7/4/2011) malam, pemusik Djaduk Ferianto melontarkan kesannya. Menurut Djaduk, penampilan pencipta komposisi "Matsuri" malam itu merupakan yang terjelek.

"Saya sudah empat kali menonton Kitaro dan ini yang terjelek," kata Djaduk. Di telinga Djaduk, repertoar yang disuguhkan oleh pria bernama asli Masanori Takahasi itu  membosankan bagi seseorang yang sudah pernah menonton konser Kitaro sebelumnya. "Rasanya belum begitu komplit, ada sesuatu yang mengganjal. Tidak ada repertoar yang baru, mungkin sudah stagnan," ujar Djaduk.

Belum lagi, menurut Djaduk, gempa dan tsunami Jepang tentu berpengaruh kepada kondisi psikologis Kitaro. "Mungkin karena ada persoalan di Jepang. Saya bisa merasakan aura itu. Ini memengaruhi kondisi psikologisnya," kata Djaduk lagi. "Pas sampai di encore, itu berasa banget enggak mendapat sesuatu," lanjutnya.

Namun, Djaduk tetap menghargai Kitaro. "Sebagai seniman, dia tetap seorang maestro. Sayang, sebagai pertunjukan, ini yang terjelek," tandasnya.

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Hanung Bramantyo: Film Saya Terbuka untuk Dikritik

Posted: 08 Apr 2011 03:27 AM PDT

JAKARTA, KOMPAS.com - Menanggapi kritik terhadap film terbarunya, ?, sutradara Hanung Bramantyo mengaku sangat terbuka akan kritik yang dilayangkan ke filmnya tersebut. Justru, dengan hadirnya kritik, menurutnya ia akan semakin getol  menyebarkan semangat Bhinneka Tunggal Ika melalui film.

"Dari kecil saya dibesarkan di keluarga yang beragam. Tidak ada rasa takut untuk merayakan hari besar bergantian. Kini, menjadi berbeda. Sekarang menakutkan. Oleh karena itu, (melalui film ?) saya ingin mengajak ber-Bhinneka Tunggal Ika," kata Hanung, yang pada Kamis (7/4/2011) di Jakarta mengadakan jumpa pers mengenai pemutaran film ? serentak di gedung-gedung bioskop Indonesia.

Lebih lanjut, Hanung menegaskan bahwa filmnya itu merupakan ekspresinya tentang keragaman beragama. "Film itu ekspresi. Manusia mengucapkan dengan intonasi yang berbeda-beda," ujarnya.

Karena film tersebut--yang merupakan tangkapan Hanung terhadap realitas perbedaan agama--disebarkan ke khalayak untuk ditonton, Hanung dengan terbuka mengharapkan tanggapan, termasuk kritik. "Makanya saya memberi kesempatan kepada masyarakat luas untuk memberikan makna," ucap suami artis peran Zaskia Adya Mecca ini.

Dijadwalkan, Hanung dan pihak-pihak yang mengurus film tersebut, Mahaka Production dan Dapur Film, akan mengadakan kegiatan bedah dan seminar film. "Seminar akan diadakan di Mojokerto (Jawa Timur) dan juga bedah film bersama masyarakat," terangnya.

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

KOMPAS.com - Internasional

Posted: 07 Apr 2011 09:17 PM PDT

KOMPAS.com - Internasional


Polisi Cegah Tawuran Lewat Twitter

Posted: 08 Apr 2011 02:42 AM PDT

Polisi Cegah Tawuran Lewat Twitter

Egidius Patnistik | Jumat, 8 April 2011 | 09:42 WIB

VEENDAM, KOMPAS.com - Polisi Indonesia mungkin bisa meniru cara yang telah dilakukan polisi Belanda dalam mencegah tawuran warga antar kampung atau siswa antar sekolah.

Kantor berita Beladan ANP, sebagaimana dikutip radio Nederland, Kamis (7/4/2011), melaporkan, polisi Veendam (Groningen), Belanda, mencoba untuk mencegah tawuran massa antar dua sekolah yang berseteru dengan menggunakan jaringan blog mikro, Twitter. Murid-murid sekolah Winkler Prins dan Ubbo Emmiuscollege sejatinya akan saling berseteru hari Kamis. Polisi mencoba untuk mencegah pergerakan para siswa melalui Twitter, kata seorang juru bicara.

Ini metode unik, katanya. Senin lalu pecah tawuran antara murid kedua sekolah. Murid-murid sekolah Winkler Prins meninju seorang guru sekolah Ubbo Emmiuscollege, yang tidak ikut dalam aksi demo, saat guru tersebut ingin mencegah mereka masuk ke pekarangan sekolah.

Polisi mendengar bahwa murid-murid kedua sekolah akan saling baku hantam kembali Kamis. "Melalui Twitter kami memberitakan bahwa kami sudah tahu akan rencana itu. Sehingga mereka waspada." Cara yang jitu, bukan?

Sent Using Telkomsel Mobile Internet Service powered by

Kirim Komentar Anda

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Kakek 85 Tahun Taklukkan Antlantik

Posted: 08 Apr 2011 01:50 AM PDT

KAPAL LAYAR

Kakek 85 Tahun Taklukkan Antlantik

Egidius Patnistik | Jumat, 8 April 2011 | 08:50 WIB

PHILIPSBURG, KOMPAS.com — Pelaut Inggris berusia 85 tahun mewujudkan mimpinya semasa kecil dengan berlayar melintasi Samudra Atlantik. Anthony Smith dan tiga temannya mendarat di Philipsburg, St Maarten, di Karibia, Rabu (6/4/2011), setelah berlayar selama dua bulan.

"Sebagian orang bilang ini gila. Tetapi, apa lagi yang akan Anda lakukan pada usia seperti ini?" kata Smith. Dia ingin membuktikan, orang tua bisa menjalani petualangan yang berbahaya. Mereka juga ingin mengumpulkan dana untuk lembaga nonprofit WaterAid yang menyediakan air layak minum bagi masyarakat tak mampu.

Uniknya, modal mereka berlayar diperoleh karena Smith ditabrak mobil hingga pinggangnya patah. "Saya dapat uang ganti rugi. Apa yang akan Anda lakukan dengan uang itu? Saya, sih, membeli perahu layar," katanya. Mereka berangkat dari Kepulauan Canary setelah sempat tertunda sebulan karena cuaca buruk. Perahu itu dipenuhi makanan dan buah-buahan, termasuk jeruk, avokad, kentang, kubis, dan labu.

Ketika roti yang mereka bawa habis, kapten David Hildred mulai memasak roti di oven. Kapal berlayar dengan kecepatan 4 knot, dan keempat awak menghabiskan waktu dengan bermain kartu atau membaca saat tak bertugas mengawasi arah kapal. Di tengah perjalanan, Smith merayakan ulang tahunnya ke-85 dengan kue cokelat yang dibuat dokternya, Andrew Bainbridge, di perjalanan. Mereka berencana mendarat di Bahama, tetapi terbawa angin ke St Maarten. "Ya, ini sukses. Berapa orang yang Anda tahu naik perahu layar melintasi Atlantik?" tanya Smith. (AP/WAS)

Sent Using Telkomsel Mobile Internet Service powered by

Kirim Komentar Anda

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Republika Online

Posted: 07 Apr 2011 09:06 PM PDT

Republika Online


Hukum Anti-Rokok di Australia Bakal Paling Keras di Dunia

Posted: 07 Apr 2011 06:09 AM PDT

REPUBLIKA.CO.ID,CANBERRA--Pemerintah Australia mengumumkan rencananya membuat hukum anti-rokok paling keras di dunia dengan salah satunya memaksa perusahaan rokok besar menggunakan bungkus warna hijau polos buat produknya, alih-alih ancaman gugatan hukum industri. Menteri urusan Kesehatan dan Menua Nicola Roxon pada Kamis menyebutkan bahwa bila rancangan undang-undang itu, yang sebentar lagi masuk parlemen, diloloskan, maka ribuan kematian akibat rokok, yang tiap tahun menyedot 31,5 miliar dolar Australia (1 dolar Australia=Rp8.900) akan terkurangi.

"Peraturan kemasan rokok yang polos hijau ini adalah pertama kalinya di dunia dan menimbulkan pesan yang tegas bahwa sisi glamor sudah hilang. Kemasan rokok kini akan hanya menampilkan kematian dan penyakit yang ditimbulkan oleh aktifitas merokok," kata Roxon kepada wartawan.
Meskipun angka merokok menurun, pasar tembakau di Australia meraup 9.98 miliar dolar Australia dalam 2009, naik dari tahun sebelumnya yang hanya 8,3 miliar dolar. Sekitar 22 juta putung rokok terjual di Australia setiap tahunnya.

Otoritas kesehatan Australia menyebutkan bahwa penyakit akibat rokok menimbulkan kematian sebanyak 15.000 tiap tahunnya, dan merokok adalah penyebab penyakit dan kematian yang bisa dikendalikan untuk dicegah. Sementara itu pihak oposisi konservatif belum menentukan sikap antara mendukung atau menolak rancangan hukum itu, artinya pemerintah minoritas Partai Buruh harus meyakinkan para independen dan Partai Hijau untuk mulai menyokong rancangan hukum tersebut.

"Pemerintah bisa-bisa menghabiskan jutaan dolar uang para pembayar pajak untuk membayar biaya legal demi mempertahankan keputusan mereka. Belum lagi bila didenda membayar miliaran dolar kepada industri tembakau karena sudah melanggar properti intelektual mereka," kata jurubicara BATA Scott McIntyre dalam pernyataan tertulisnya.

New Zealand, Kanada, Uni Eropa, dan Inggris tengah mempertimbangkan penerapan hukum yang serupa dan mereka memantau ketat perkembangan di Australia. Para pengamat berpendapat aturan hukum baru yang tengah diujicobakan di Australia dan negara-negara lain bisa menyebar ke pasar-pasar berkembang lainnya seperti di Brasil, Rusia, dan Indonesia sehingga pertumbuhan industri rokok akan tertekan.

Roxon juga menyebutkan bahwa perundangan yang baru akan membatasi logo-logo industri rokok, pencitraan merek, warna, dan teks iklan yang muncul di kemasan rokok, dengan hanya memperbolehkan gambar-gambar yang mengerikan dipajang di merek dagang dan nama produk dengan teks dan warna yang standar. Kemasan warna hijau buah zaitun akan dijadikan warna kemasan rokok sebab berdasarkan penelitian warna tersebut akan membuat para perokok tidak terlalu tertarik terhadap rokok.

Pemerintah Australia juga berencana menerapkan hukum anti-rokok mulai awal 2012, dengan semua produk rokok sudah harus mulai patuhi ketentuan baru enam bulan kemudian. "Selain itu, peringatan gangguan kesehatan akan diperbaharui dan meningkat dari 30 ke 75 persen di bagian depan kemasan rokok, dan 90 persen untuk bagian belakang," kata Roxon.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dalam Konvensi Pengendalian Tembakau menyarankan kepada otoritas terkait untuk "mempertimbangkan penerapan aturan main yang lebih ketat atau bila perlu melarang penggunaan logo, warna, pencitraan merek atau informasi berupa promosi".

Australia telah memiliki aturan yang keras terkait dengan iklan tembakau, yang telah menekan angka merokok dari 30,5 persen populasi di usia lebih dari 14 tahun pada tahun 1988 menjadi 16,6 persen di tahun 2007. Roxon sendiri bertarget menurunkan angka merokok di Australia agar berada di bawah 10 persen pada tahun 2018.

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Inilah Alasan Penggunaan Antibiotika Tak Rasional Wajib Kita Tolak

Posted: 07 Apr 2011 12:47 AM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Dalam upaya untuk merasionalisasi penggunaan obat antibiotik, Kementrian Kesehatan melaksanakan beberapa program. Salah satunya dengan mengeluarkan Pedoman Umum Penggunaan Antibiotik pada Kamis (7/4).

Mengapa penggunaan antibiotika tak rasional wajib kita tolak?

# Penggunaan obat antibiotik secara tidak rasional  menimbulkan resitensi terhadap antibiotika. Indonesia termasuk negara yang jor-joran menggunakan antibiotika, dimana banyak penyakit yang tidak memerlukan antibiotika tapi mendapat resep antibiotika.

# Obat antibiotika semestinya hanya diberikan sesuai dengan pola penyakit. ''Antibiotik boleh diberikan tapi harus sesuai dengan jenis mikroba yang dituju yaitu diperiksa kuman atai bakterinya. Saat ini  secara buta saja diberikan tanpa tahu mikroba yang disasar,'' tutur  Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Gajah Mada, Iwan Dwiparahasto.

# Dalam sebuah penelitian tahun 2004 tentang penyakit infeksi saluran pernafaan atas (ISPA) dan diare di lima provinsi mencakup Sumatera Barat, Kalimantan Timur, Jawa Timur dan Nusa Tenggara Barat ditemukan telah terjadi peresepan antibiotik secara tidak rasional.Pada ISPA penggunaan antibiotik tidak rasional sebesar 94 persen. Sedangkan pada diare sebesar 87 persen.

# Penggunaan antibiotik secara tidak rasional ini juga akan memicu terjadinya pandemi antiresistensi mikroba. Selain pandemi, kebalnya pasien terhadap antibiotik akan menimbulkan biaya pengobatan yang lebih besar.''Karena antibiotik pada jenjang berikutnya harganya lebih mahal,'' tutur Menteri Kesehatan, Endang Rahayu Sedyaningsih.

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

ANTARA - Berita Terkini

Posted: 07 Apr 2011 07:55 PM PDT

ANTARA - Berita Terkini


Permintaan Presiden kepada Menkeu ASEAN

Posted: 07 Apr 2011 07:41 PM PDT

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. (FOTO.ANTARA)

Berita Terkait

Video

Nusa Dua (ANTARA) -  Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sebagai Ketua ASEAN pada 2011 meminta para menteri keuangan ASEAN untuk memprioritaskan terwujudnya ASEAN community sesuai target pada 2015.

Dalam pidatonya pada pembukaan pertemuan ke-15 menteri keuangan ASEAN di Bali International Convention Center (BICC), Nusa Dua, Jumat, Presiden mengatakan para menteri keuangan ASEAN untuk itu harus membangun langkah untuk liberalisasi jasa keuangan, pembangunan pasar modal dan manajemen arus modal di wilayah Asia Tenggara.

Dengan demikian, menurut Presiden, para menteri keuangan ASEAN juga harus terus menggalang kerjasama untuk merumuskan kebijakan kepabeanan di antara sesama anggotanya guna mengimplementasikan Asean Single Window.

"Tantangan lainnya adalah untuk merumuskan kebijakan pajak yang bisa menghilangkan halangan untuk proses integrasi dan menjamin dialog regional tentang masalah ini yang akan menghasilkan rekomendasi serta aksi yang nyata," tutur Presiden.

ASEAN, lanjut Kepala Negara, juga harus lebih bersatu sekaligus kompetitif untuk memainkan perannya sebagai pendorong pertumbuhan di wilayah Asia Timur.

Menurut Presiden, negara-negara Asia Tenggara yang pernah terpukul krisis moneter pada 1997/1998 kini seharusnya lebih siap dalam menghadapi ancaman serupa karena telah memiliki koordinasi kebijakan makro ekonomi dan juga alat pertahanan melalui perjanjian bilateral dan juga melalui skema Chiangmai Initaitive yang melibatkan tiga negara lain yaitu China, Jepang, dan Korea Selatan.

Untuk itu, Presiden mengatakan para menteri keuangan ASEAN harus dapat memastikan skema Chiangmai Initiative dapat diterapkan pada level operasional dan juga sesuai dengan skema internasional sejenis tanpa harus menunggu ancaman krisis keuangan berikutnya.
(*)
 

Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Anda Pria? Silakan Ber-KB

Posted: 07 Apr 2011 07:36 PM PDT

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). (istimewa)

Berita Terkait

Medan (ANTARA News) - Anda seorang pria? Silakan berperan aktif ikut program Keluarga Berencana (KB). Ini lantaran  Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional telah menargetkan sebanyak 100.000 pria menjadi peserta KB atau akseptor baru di tahun 2011.

"BKKBN menargetkan ada 100.000 pria yang akan menjalani operasi medis vasektomi di tahun 2011 ini," kata Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional, Sugiri Syarief saat melakukan kunjungan kerja ke Sumatera Utara, Jumat.

Sugiri menjelaskan, untuk merealisasikan hal tersebut BKKBN akan terus melakukan sosialisasi mengenai KB dan kependudukan ke seluruh daerah di Indonesia.

BKKBN juga akan menggencarkan program sosialisasi dan pelayanan KB di daerah perbatasan, tertinggal dan terpencil di seluruh wilayah iIndonesia.

Selain itu, BKKBN juga menggandeng sejumlah pihak untuk bekerja sama dalam menyosialisasikan KB dan kependudukan kepada masyarakat.

"Kami bekerja sama dengan TNI dan juga beberapa pihak lainya diantaranya Pelni dan Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal," katanya.

Salah satu kerja sama yang telah dilakukan sejak lama adalah dengan TNI. Menurutnya, kerja sama dengan TNI sangat membantu BKKBN sebab secara struktural, TNI memiliki kekuatan yang luar biasa dan dapat menjangkau ke seluruh wilayah Indonesia, bahkan sampai di daerah yang sangat terpencil.

Sugiri juga menambahkan jajaran TNI tidak pernah berhenti mendukung Program KB.

"Selain aktif mendukung pelayanan KB melalui bakti sosial, TNI juga telah menyediakan sejumlah rumah sakit yang melayani KB, termasuk menyediakan layanan untuk vasektomi dan tubektomi," katanya.

Dengan melakukan kerja sama antara BKKBN dan beberapa instansi tersebut diharapkan target sebanyak 100.000 pria menjadi peserta KB atau akseptor baru di tahun 2011 bisa tercapai.
(*)

Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

The Malaysian Insider :: World

Posted: 07 Apr 2011 07:30 PM PDT

The Malaysian Insider :: World


Pop star reborn as statesman vows renewal in Haiti

Posted: 07 Apr 2011 06:09 PM PDT

President-elect Michel Martelly speaks during an interview with Reuters in Port-au-Prince on April 6, 2011. Martelly wants to transform Haiti from development basket case to Caribbean success story. — Reuters pic

PORT-AU-PRINCE, April 8 — President-elect Michel Martelly wants to transform Haiti from development basket case to Caribbean success story, a makeover as ambitious as the provocative pop star's own reincarnation as head of state.

"With my talents as a communicator, I wish to be able to inspire this population to guide it on the right path," the shaven-headed Martelly told Reuters in an interview, dedicating himself to changing Haiti's image as a failed country.

Even as Internet videos still circulate showing the entertainer clowning on stage in skimpy costumes, "Sweet Micky," now repackaged in a sober suit and tie, outlined his ambitious plans.

The 50-year-old political outsider won a landslide victory over former first lady Mirlande Manigat in a March 20 run-off, according to preliminary results out on Monday. He tapped into Haitians' yearnings for a better future for their impoverished, earthquake-battered nation.

Martelly said that from day one of his presidency, expected to begin in May, he would work to bury Haiti's "bad image" as a disaster-prone, aid-dependent nation, struggling to recover from a devastating earthquake last year.

"They have always sold our misery, our misfortunes, our cholera, the images of the earthquake, while Haiti in my eyes is a rich country, which has not been exploited yet," he said, speaking at his campaign offices late on Wednesday.

"We plan from the first days of our term to sell a new image of Haiti," Martelly added. After a disputes process, his election win should be declared definitive later this month.

During an energetic campaign, Martelly, a popular star of Haiti's catchy Konpa carnival music whose on-stage antics have included baring his backside, skillfully used his "bad boy" outsider image to project a forceful message of change. He promised to break with decades of corruption and misrule.

He committed himself to restore the confidence of Haitians in their own country and international confidence in Haiti.

This is no mean task in one of the world's poorest countries, which has the humiliating sobriquet of "Republic of NGOs" for its chronic dependency on aid from non-governmental agencies. Most Haitians, mired in poverty, have learned to scorn their politicians as posturing puppets bent on self-enrichment.

"In the past the State has exploited the population. Civil servants have grown rich. They have lost the sense of what is public function. Public function means service to the population," Martelly said.

"I'm an entrepreneur"

He saw an urgent priority to provide housing for 680,000 homeless survivors of the earthquake still living in tent camps, a quarter of whom face eviction by landowners, according to the International Organisation for Migration. "We understand the need to act without any further delay," he said.

Martelly added he and his team were already meeting members of the private sector and major landowners to discuss a partnership with the state to create social housing projects.

Guaranteeing free education was another priority.

Land ownership issues and a lack of solid legal protection have also been identified as major hindrances to the injection of private and foreign investment experts say Haiti urgently needs to escape its poverty trap.

Here too, Martelly, who became a rich man from a humble start as a casino singer and entertainer, says he will intervene actively to favor investments that create jobs.

"The simplest solution is that if there is a major investment project that will create a lot of jobs, and if it happens there is a conflict on that land, the State will declare the land of public domain. The government will facilitate the establishment of the enterprise," he said.

He also promised government support for impoverished farmers struggling to make a living in Haiti's denuded, eroded hilly landscape, saying a boost for agriculture would stem the exodus to cities that has caused overcrowding and squalor.

He would seek to revive farm exports, stifled in the past by cheap subsidised imports.

Martelly outlined tourism development plans that foresee investments on Haiti's beach-lined offshore islands, such as Ile-a-Vache, La Gonave and la Tortue.

He pledged "harmonious, efficient and fruitful" cooperation with Haiti's parliament, where opposition parties will dominate, and said he would seek good relations with the international community and the UN mission in Haiti.

When UN troops withdraw in a few years time, Haiti will need to replace them with a military force of its own, he said, a potentially sensitive issue in a country whose army, a past source of coups and abuses, was abolished in the mid-1990s.

Above all, he said he would do things differently. "Since Martelly is not a politician, he won't think like a politician. I'm an entrepreneur," he said. — Reuters

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Brazilian gunman kills 12, self at Rio school

Posted: 07 Apr 2011 05:50 PM PDT

An image taken from a security camera video shows Wellington Menezes de Oliveira, 24, walking inside the Tasso da Silveira school with a gun in his hand, in Rio de Janeiro on April 7, 2011. — Reuters pic

RIO DE JANEIRO, April 8 — A Brazilian gunman killed 12 children at a Rio de Janeiro school and then himself, police said yesterday, shocking the South American nation that has never seen such an incident before.

Brazilian President Dilma Rousseff wept when commenting on the incident during a speech to business leaders and requested a moment of silence for the victims.

"This type of crime is not characteristic of (our) country and therefore we are all ... united in repudiating this act of violence," Rousseff said.

The attack by the 24-year-old Welington de Oliveira was the first serial killing of its kind in Brazil. Attacks similar to the 2007 Virginia Tech massacre and the 1999 Columbine High School shooting in Colorado, were unheard of in the South American nation.

"We have to show solidarity and support for the families of the children (killed by) that psychopath, that animal," said Rio de Janeiro Governor Sergio Cabral in a press conference at the school in the Rio neighborhood of Realengo.

Police said Oliveira entered the school carrying two guns and a suicide note. Oliveira told officials he was there to deliver a speech and then opened fire on students.

He was a former student at the school. Police said they believed he was mentally unstable, citing the content of the suicide note, which asked that "(someone) stand in front of my tomb and ask God to forgive me for what I did."

Oliveira did not have a police record.

'Like a horror movie'

Marcos Silva, 11, who was in the school but was not harmed, said the experience was "like a horror movie."

"Everyone lay down on the ground in silence, the teacher asked us not to make noise so the killer wouldn't notice us," Silva said "I thought to myself, 'If he comes in, we're all going to die.'"

Two of the 13 wounded children fleeing to the street called a police patrol, which rushed to the school in response.

A police officer told reporters he shot Oliveira in the leg after the gunman left a classroom and was attempting to reach the third floor of the building. Oliveira fell onto the stairs and shot himself in the head.

Violence in Rio has traditionally been associated with drug gangs that control vast areas of the city's slum communities. Rio's government has in recent months made considerable advances against narco-trafficking but crime remains a problem in the beachside tourist haven.

Crime experts say contraband firearms from police and the army often end up in the hands of criminals.

Authorities have stepped up slum pacification efforts that have created a permanent police presence in poor neighborhoods in hopes of tightening security in advance of the 2014 World Cup soccer championship and the 2016 Olympic Games. — Reuters

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Berita Harian: Dunia

Posted: 07 Apr 2011 03:36 PM PDT

Berita Harian: Dunia


100 juta alamat e-mel bakal dijual

Posted: 07 Apr 2011 12:20 PM PDT

Dunia

pix_gal0
Penggodam curi data 2,500 syarikat termasuk Hotel Hilton, Citigroup

WASHINGTON: Penggodam berjaya melakukan rompakan data siber terbesar dalam sejarah Amerika Syarikat membabitkan berjuta-juta nama dan e-mel daripada firma pemasaran online, Epsilon, dan merancang untuk menjual maklumat itu kepada penjenayah siber.

Epsilon memberi perkhidmatan e-mel kepada 2,500 syarikat di seluruh dunia. Ia mendedahkan, data pelanggan kira-kira dua peratus daripada keseluruhan pelanggannya sudah dicuri penggodam selepas mengesan 'kes masuk tanpa kebenaran.' Ed Heffernan, ketua eksekutif Alliance Data Systems Corp, syarikat induk Epsilon, memohon maaf atas kecurian itu kelmarin dan berkata ia sedang disiasat oleh pihak berkuasa persekutuan dan pakar forensik komputer luaran.

"Kami tidak akan biarkan perkara ini begitu saja dan sedang menangani tindakan jahat pencuri siber canggih dengan sedaya upaya," kata Heffernan.

Epsilon yang menghantar lebih 40 bilion e-mel setahun, tidak mengenal pasti firma mana nama pelanggan dan alamat emel diambil namun berpuluh syarikat Amerika memaklumkan perkara itu sejak beberapa hari lalu.

"Secara asasnya, data itu membabitkan tokoh industri penting peruncitan dan perbankan online. Sesetengahnya membabitkan jenama terkenal dunia," kata Ketua SpiderLabs Trustwave, Nicholas Percoco.
Ia termasuk hotel Hilton dan Marriott, gergasi telekom Verizon, rangkaian kedai ubat Walgreens, Home Shopping Network dan peruncit Best Buy, Kroger, New York & Co. serta Target.

Firma kewangan dan perbankan pula termasuk Citigroup, JPMorgan Chase, Capital One, US Bank, Barclays Bank of Delaware dan Ameriprise Financial.

Percoco berkata kecurian data Epsilon mungkin membabitkan 100 juta alamat e-mel dan 'mungkin berakhir dengan pelanggaran terbesar data mentah peribadi, data pelanggan.'

Tidak hairanlah, bank utama Amerika selain hotel, peniaga dan syarikat lain mula memberi amaran kepada pelanggan supaya berhati-hati dengan e-mel palsu selepas Epsilon mengakui minggu lalu penggodam berjaya mendapat capaian terhadap sistem e-mel syarikat itu.

Pakar berkata, kecurian data di Epsilon mungkin terbesar dari segi jumlahnya berbanding dengan eksploitasi oleh Albert Gonzalez, seorang penggodam yang merengkok 20 tahun dalam penjara kerana mencuri puluhan juta nombor kad kredit dan debit. – AFP


Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Negara Asia makin gusar ancaman radiasi nuklear

Posted: 07 Apr 2011 12:17 PM PDT

Dunia

TOKYO: Beberapa jiran Jepun semakin menyuarakan kebimbangan mengenai risiko pencemaran radiasi di wilayah masing-masing akibat kebocoran loji nuklear Fukushima sejak gempa bumi dan tsunami melanda Jepun beberapa minggu lalu.

Di Korea Selatan, beberapa sekolah ditutup kerana ibu bapa pelajar risau anak mereka kena radiasi ketika hujan.

"Kami juga menghantar risalah rasmi kepada pihak sekolah supaya tidak mengadakan aktiviti di luar darjah," kata pegawai kementerian berkenaan di Seoul. Agensi keselamatan nuklear Korea Selatan melaporkan kehadiran bahan radioaktif rendah iodin dan caesium dalam hujan di selatan negara itu meskipun parasnya tidak mengancam nyawa.

Tetapi, ramai penduduk Korea Selatan kini memakai topeng muka ketika keluar rumah. Kesesakan lebih ketara di jalan menuju sekolah kerana mereka tidak membenarkan anak berjalan ke sekolah.

"Kami dekat dengan Jepun berbanding Amerika atau Eropah. Penduduk kami tentunya lebih risau," kata Presiden Lee Myung-bak yang membentuk jawatankuasa khas bagi memantau kesihatan awam.

Kementerian Kesihatan China pula mengesan bahan radioaktif di tiga wilayahnya manakala India berhenti mengimport makanan Jepun selama tiga bulan dan Singapura mengharamkan pengimportan sayur dan buah.
Di Vienna, pegawai nuklear Jepun disoal siasat rakan mereka dari negara lain, khususnya Russia.

"Rakan mereka meminta lebih banyak maklumat terutama Russia," kata sumber diplomatik. Malah, pegawai Russia memberitahu pegawai Jepun supaya meningkatkan usaha menangani pencemaran radioaktif. – Reuters


Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Sindikasi international.okezone.com

Posted: 07 Apr 2011 03:07 PM PDT

Sindikasi international.okezone.com


Reaktor Nuklir Fukushima Masih Aman

Posted: 07 Apr 2011 09:10 AM PDT


JAKARTA - Pemerintah Jepang menyatakan kondisi Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir di Fukushima masih aman menyusul gempa berkekuatan 7,4 SR yang mengguncang wilayah perairan Miyagi.

"Reaktor nuklir Fukushima Dai-ichi masih aman, tapi kami kurang tahu jika para pekerjanya telah dievakuasi," ujar salah seorang pejabat keamanan nuklir Jepang seperti dikutip dari AP, Kamis (7/4/2011).

Badan Metereologi Jepang sebelumnya telah mengeluarkan peringatan bahaya tsunami setinggi dua meter untuk wilayah pesisir timur Jepang.

Peringatan ini diberikan kepada penduduk yang tinggal di radius 300 mil dari pesisir Prefecture Aomori di bagian utara hingga Prefecture Ibaraki di wilayah tengah Jepang. Pemerintah Jepang menginstruksikan kepada warganya yang bertempat tinggal di wilayah pantai untuk segera mengungsi ke dataran tinggi dan menjauhi pantai.(ful)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Tsunami Setinggi Dua Meter Ancam Jepang

Posted: 07 Apr 2011 08:47 AM PDT

JAKARTA - Wilayah pesisir timur Jepang saat ini dalam kondisi siaga bencana tsunami paska gempa berkekuatan 7,4 skala Richter (SR) yang berpusat 40 kilometer di bawah permukaan laut.

Pusat gempa berada di 100 kilometer dari wilayah Sendai dan 140 kilometer dari Fukushima. Badan Metereologi Jepang seperti dikutip dari AP, Kamis (7/4/2011), memperingatkan kemungkinan datangnya tsunami setinggi dua meter.

Peringatan ini ditujukan bagi penduduk di wilayah Timur Jepang yang disapu tsunami pada 11 Maret lalu.

Pemerintah Jepang menyatakan gempa mengakibatkan guncangan kuat selama sekira satu menit di Tokyo yang berjarak 345 kilometer dari pusat gempa.

Sementara di Ichinoseki, bangunan berguncang keras namun tidak menimbulkan kerusakan parah. Segera setelah gempa melanda, aliran listrik dipadamkan, sehingga situasi gelap gulita.

US Geological Survey mencatat gempa berkekuatan 7.4 SR berpusat di 100 kilometer dari Sendai, 140 kilometer dari Fukushima, dan 345 kilometer dari Tokyo dengan kedalaman 40 kilometer di bawah permukaan laut. Paska gempa dahsyat berkekuatan 9,0 SR pada 11 Maret lalu memang terjadi sejumlah gempa susulan. Namun skalanya tidak ada yang melebihi 7,0 SR.(ful)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Sindikasi celebrity.okezone.com

Posted: 07 Apr 2011 01:49 PM PDT

Sindikasi celebrity.okezone.com


Yenny Wahid Dibikin Menangis Hanung Bramantyo

Posted: 07 Apr 2011 05:36 AM PDT

JAKARTA - Yenny Wahid mendadak berurai airmata. Politisi dari Partai Kebangkitan Bangsa itu menangis sesegukan karena suami Zaskia Adya Mecca, Hanung Bramantyo.

Putri mendiang Gus Dur itu menangis gara-gara menonton film ? karya Hanung. Dia terhanyut mengikuti alur cerita.

"Yang berkesan dan membuat saya menangis adalah saat adegan Soleh meninggal dunia karena menyelamatkan orang dari ledakan bom," ungkap Yenny saat ditemui di Plaza Senayan, Jakarta, Kamis (7/4/2011).

Ibu satu anak ini mengakui, sangat mengagumi hasil karya Hanung karena selalu memproduksi film dengan latar belakang kisah nyata.

"Film ini jangan ditonton sepenggal-penggal saja. Soalnya di situ menceritakan ada orang yang masuk Kristen. Ada orang Islam yang memerankan Yesus. Film ini punya kesan bahwa semua orang ingin mencari kedamaian. Intinya, manusia harus bersikap baik kepada semua orang," ujarnya bijak.

Seusai menyaksikan film, perempuan dengan nama lengkap Zannuba Ariffah Chafsoh Rahman Wahid itu mempromosikan film ?. Katanya, film ini patut ditonton oleh masyarakat.

"Film ini berhasil mengungkapkan keberagaman, pluralitas yang ada di Indonesia. Film ini harus masuk ke kita dengan hati yang terbuka. Secara keseluruhan, film ini sangat baik dan bagus untuk ditonton," pujinya.(ang)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Di Dalam Bui, Revaldo 'Kecanduan' Lagi

Posted: 07 Apr 2011 05:22 AM PDT

JAKARTA - Tak banyak yang dilakukan Revaldo selama mendekam di balik jeruji besi. Siapa kira, ternyata aktor muda itu 'kecanduan' lagi.

Syukur, kecanduan Revaldo kali ini positif. Dia kecanduan bermain tenis meja. Itu menjadi salah satu kegiatan andalan bintang sinetron Ada Apa Dengan Cinta itu untuk membunuh waktu.

"Enggak banyak yang gue lakukan di sini. Gue cuma olahraga. Ketagihan main tenis meja nih," kata Revaldo saat ditemui usai nonton bareng film Tebus di Rutan Salemba, Jalan Percetakan Negara, Jakarta Pusat, Kamis (7/4/2011).

Saking kecanduan dengan tenis meja membuat mantan kekasih Laudya Cynthia Bella piawai. Dia akan menghadapi turnamen tenis meja melawan narapidana lainnya di rutan, pertengahan April.

"Kalau enggak salah nanti pertengahan April, di sini ada lomba tenis meja. Gue mau ikut," lanjutnya.

Diakui, pemilik nama lengkap Revaldo Fifaldi Surya Permana ini, tidak bisa mengembangkan bakat selama menginap di hotel prodeo.

"Di sini agak susah cari kegiatan yang bisa dikembangkan dari diri gue. Marawis, enggak gue banget. Gue ingin belajar pahat, tapi kayaknya panjang. Ada sanggar juga di sini, tapi kayaknya gue perlu mulai dari bawah. Gue ingin yang ada dasarnya saja, yang bisa gue kembangkan," ungkapnya.(ang)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

KOMPAS.com - Nasional

Posted: 07 Apr 2011 01:37 PM PDT

KOMPAS.com - Nasional


Dibantah, Dana Haji Boros Rp 2,6 Triliun

Posted: 07 Apr 2011 06:12 PM PDT

Dibantah, Dana Haji Boros Rp 2,6 Triliun

yuli | Jumat, 8 April 2011 | 01:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Slamet Riyanto membantah tuduhan pemborosan dana haji mencapai Rp 2,6 triliun. 

Tuduhan itu datang dari LSM Indonesia Corruption Watch terkait kemahalan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji dari tahun 2005 sampai 2010.

"Masalah uang memang sensitif, tapi kami transparan sehingga apa yang diduga Indonesia Corruption Watch (ICW) pemborosan tidak terbukti," kata Slamet Riyanto menjawab wartawan di Jakarta, Kamis (7/4/2011).

Sebelumnya, ICW melaporkan kepada Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Busyro Muqoddas dan Wakil Ketua KPK M Jasin di Jakarta, Jumat (1/4/2011). Dugaan pemborosan biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) itu, menurut ICW, merugikan jemaah dengan ukuran berbeda setiap musim, hingga sekitar Rp 6 juta per orang.

Dirjen mengatakan, penetapan BPIH dari tahun ke tahun tidak dilakukan oleh Kementerian Agama, tetapi dibahas bersama Komisi VIII DPR, termasuk juga dalam penentuan biaya komponen penerbangan, akomodasi, katering, dan lain-lain.

Mengenai BPIH tahun ini, kata Slamet, sampai saat ini belum diputuskan. Namun, dia memprediksi kemungkinan terjadi kenaikan BPIH dibanding tahun lalu. "Kenaikan sesuatu yang sulit untuk dihindari," katanya.

Sent Using Telkomsel Mobile Internet Service powered by

Kirim Komentar Anda

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Pemerintah Janji Serahkan DIM Secepatnya

Posted: 07 Apr 2011 05:00 PM PDT

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah berjanji menyerahkan daftar inventarisasi masalah (DIM) terkait RUU Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) sebelum pembahasan dimulai pada awal masa sidang DPR RI mendatang pada tanggal 9 Mei.

"Sebetulnya apa yang kami sampaikan tak mungkin pembahasan tanpa bahan. Konsep tak mungkin dibahas tanpa suatu yang tak jelas. Di dalamnya, tentu ada DIM. Enggak usah dipaksakan dengan kalimat-kalimat itu. Itu ketegasan pemerintah, jangan khawatir lagi," kata Menteri Hukum dan HAM Patrialis Akbar dalam rapat konsultasi bersama pimpinan DPR dan Pansus RUU, Kamis (7/4/2011) malam.

Ketegasan pemerintah ini akhirnya diberikan setelah seluruh anggota Pansus menyampaikan desakannya kepada pemerintah untuk segera menyerahkan DIM. Menurut DPR, pembahasan RUU BPJS selalu tertunda karena pemerintah tak pernah menyerahkan DIM yang baru.

"Kami harap agar pemerintah segera mengajukan DIM secara komprehensif dan bergerak maju untuk membahas beberapa subtansi," kata anggota Pansus Irgan Chairul Mahfiz kepada Kompas.com.

Menurut Irgan, DIM-lah yang menjadi akar persoalan tertundanya pembahasan RUU ini selama dua kali masa sidang.

Anggota Pansus lainnya, Rieke Dyah Pitaloka, mengharapkan pemerintah segera menyerahkan DIM sebelum masa sidang dimulai pada 9 Mei. Dengan demikian, Dewan bisa mempelajarinya terlebih dahulu. Namun, pemerintah tak kunjung menjawab desakan berupa tenggat waktu tersebut.

Menjelang tengah malam, akhirnya Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso yang memimpin rapat konsultasi mengetuk palu setelah kesimpulan yang dibuatnya disambut anggukan oleh Menteri Hukum dan HAM, Menteri PPN/Kepala Bappenas Armida Alisjahbana, dan Menteri BUMN Mustafa Abubakar.

Sementara itu, Ketua DPR Marzuki Alie yang juga hadir mengharapkan pemerintah dengan saksama menyelesaikan DIM selama 47 hari. Menurut Marzuki, itu adalah waktu yang cukup.

"Kita harus pegang komitmen ini, apabila tidak selesai, maka otomatis RUU ini tidak diterima dan tidak bisa diterima lagi dalam periode DPR saat ini. Kalau itu terjadi, tentu ini preseden yang kurang baik bagi kita karena ada perintah UU yang tak kita laksanakan," ungkapnya.

Priyo menambahkan, jika pemerintah tak kunjung berkomitmen membahas RUU ini pada masa sidang ke depan, dia tak dapat menjamin bahwa anggota Dewan akan menggunakan haknya untuk mendesak pemerintah serius dalam merampungkan RUU ini.

"Kalau ternyata dilanggar, kami akan turun langsung ke pansus. Kalau sampai dilanggar menurut saya akan kebangetan, mungkin pimpinan akan menyetujui apa pun hak-hak DPR yang akan digunakan," ujar Priyo.

Sent Using Telkomsel Mobile Internet Service powered by

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

detikcom

Posted: 07 Apr 2011 01:03 PM PDT

detikcom


Gempa 7,4 SR di Miyagi Terasa Hingga Tokyo

Posted: 07 Apr 2011 12:44 PM PDT

Jumat, 08/04/2011 02:44 WIB
Gempa 7,4 SR di Miyagi Terasa Hingga Tokyo 
Ramadhian Fadillah - detikNews

Jakarta - Gempa 7,4 SR di Jepang berpusat di lepas pantai Miyagi. Di Tokyo yang berada 400 Km dari Miyagi, gempa ini juga terasa cukup keras.

"Iya di Tokyo kerasa," ujar seorang WNI di Jepang, Syeilendra Pramuditya kepada detikcom, Jumat (8/4/2011) dini hari.

Syeilendra menjelaskan saat terjadi gempa, dirinya sedang berada di Kampusnya di Tokyo Tech. Kursi dan meja bergetar akibat gempa ini.

"Saya di Meguro-ku, barusan pas lagi gempa lagi di kampus, lantai 4, cuma bentar sih kayaknya kurang dari semenit. Cuma lumayan meja dan ceiling sampai bergetar," katanya.

Sebelumnya gempa 7,4 SR mengguncang Jepang pukul 23.32 waktu setempat, atau sekitar pukul 21.32 WIB, Kamis (7/4). Awalnya BMKG Jepang mengeluarkan peringatan tsunami.

Namun akhirnya peringatan tsunami ini dicabut pukul 00.55 waktu setempat, atau pukul 22.55 WIB. Daerah prefektur Miyagi, Aomori, Iwate, Fukushima dan Ibaraki pun dinyatakan aman.

(rdf/rdf)

Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!

Tutup

  Share to Facebook:

You are redirected to Facebook

  Share via Email:

Share via Email


loadingSending your message

Message has successfully sent


Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi Nuniek di nuniek[at]detik.com,
telepon 021-7941177 (ext.526).

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Polisi Tembak Mati Komplotan Maling Motor di Bekasi

Posted: 07 Apr 2011 12:07 PM PDT

Jumat, 08/04/2011 02:07 WIB
Polisi Tembak Mati Komplotan Maling Motor di Bekasi 
E Mei Amelia R - detikNews

Jakarta - Aparat Polresta Bekasi menangkap komplotan pencuri motor di Bekasi yang kerap membuat resah. Satu dari tiga tersangka ditembak mati oleh petugas. Komplotan ini pernah mencuri motor milik anggota polisi.

"Mereka sudah beraksi 35 kali di wilayah Polsek Bekasi Utara dan Polsek Medan Satri," kata Kasat Reskrim Polresta Bekasi Kompol Ade Ary Syam kepada detikcom melalui pesan BlackBerry, Kamis (7/4/2011).

Tiga tersangka itu yakni Ruskan alias Usman, Daud dan Suryadi alias Kocek. Tersangka Usman tewas setelah ditembak polisi.

"Tersangka Usman terpaksa kami tembak karena mencoba melarikan diri saat hendak dilakukan pengembangan," katanya.

Sementara itu, tiga tersangka lain masih DPO yakni Bule, Pelor dan Yius serta Mansur.

Ade menjelaskan, pengungkapan bermula dari adanya informasi masyarakat bahwa di sekitar daerah Tambelang, sering lewat motor hasil curian yang akan disebrangkan ke Karawang. Pada Rabu (6/4), polisi kemudian membuntuti dua tersangka Usman dan Daud yang dicurigai hendak menjual motor hasil curian.

"Kami lalu melakukan pemeriksaan dan ditemukan bungkusan isinya kunci letter yang disimpan di kantung celana," katanya.

Saat itu, dua tersangka menumpang motor Honda Vario. Setelah diinterogasi, ternyata Vario yang dikendarai keduanya adalah hasil curian di Cilincing, Jakarta Utara pada Rabu pagi.

Polisi kemudian menangkap kedua tersangka. "Kemudian kami lakukan pengembangan di Karawang dan tertangkap tersangka Suryadi alias Kucek," jelasnya.

Hasil interogasi ternyata ketiga tersangka  beroperasi di wilayah Polsek Bekasi Utara dan Polsek Medan Satria. Para tersangka diduga telah beraksi sebanyak 35 kali.

Pada Kamis (7/4) dinihari, polisi kemudian membawa tersangka Usman untuk pengembangan ke rumah penadah, Mansur di Batujaya, Kerawang. Tersangka juga akan menunjukkan rumah pencuri motor atas nama Bule yang tinggal di daerah Rangkas Dengkok.

Namun, saat Usman turun dari mobil petugas, dia melarikan diri. Petugas kemudian melepaskan tembakan peringatan sebanyak 3 kali ke udara, namun dihiraukan tersangka.

"Tersangka masih berusaha kabur, sehingga akhirnya kita melepaskan tembakan mengenai punggung dua peluru dan paha kanan satu kali," kata Ade.

Dalam perjalanan ke rumah sakit, tersangka meninggal dunia dan selanjutnya dibawa ke RSCM.

Dari para pelaku, polisi menemukan barang bukti berupa seperangkat kunci letter T dan martil, serta 1 unit motor Honda Vario warna merah tahun 2011 milik korban Aipda Samsudin Anggota Pol Airud Mabes Polri, satu unit Kawasaki Ninja Hijau, Motor Honda Beat warna biru dan motor Honda Supra X warna hitam.

(mei/rdf)

Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!

Tutup

  Share to Facebook:

You are redirected to Facebook

  Share via Email:

Share via Email


loadingSending your message

Message has successfully sent


Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi Nuniek di nuniek[at]detik.com,
telepon 021-7941177 (ext.526).

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan

ads